Berita Bisnis

Gojek Apresiasi Program Percepatan Pemberian NIB dalam Pengembangan & Percepatan Perizinan UMK

Gojek mengapresiasi Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (Kemeninves/BKPM) atas dijalankannya program percepatan pemberian NIB (Nomo

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Usaha Mikro dan Kecil (UMK) mitra Gojek di Surabaya saat menerima simbolis terkait mendapatkan NIB, Rabu (22/12/21). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gojek mengapresiasi Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (Kemeninves/BKPM) atas dijalankannya program percepatan pemberian NIB (Nomor Induk Berusaha) bagi Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Menurut Gojek, bimbingan yang disediakan dalam program ini, sangat membantu UMK - tidak hanya untuk memperoleh legalitas usaha, tetapi juga untuk meningkatkan skala usaha dan daya saing.

Melalui program ini, mitra Gojek mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan NIB, serta pembekalan pentingnya identitas dan legalitas berusaha.

Adanya perizinan berusaha ini juga memudahkan UMK untuk mengembangkan usahanya dan memastikan bahwa UMK mendapatkan akses terhadap perlindungan hukum dan program bantuan/fasilitasi dari Pemerintah.

Untuk mewujudkan hal ini sendiri, sebelumnya telah ditandatangani Nota Kesepahaman antara Gojek dan Kemeninves/BKPM tentang Sinergi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Berbasis Digital di Indonesia pada tanggal 29 Juli 2021 yang lalu.

Sebagai bentuk komitmen Gojek terhadap pengembangan UMKM di Indonesia, Gojek turut berpartisipasi dalam acara Penerbitan dan Pembagian Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi Para Pelaku Usaha Mikro & Kecil (UMK) yang diselenggarakan oleh Kemeninves/BKPM pada hari Rabu (22/12/21) di Surabaya.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM - Bahlil Lahadalia, Menteri Koperasi dan UKM - Teten Masduki, Menteri BUMN -  Erick Tohir dan Wakil Gubernur Jawa Timur - Emil Dardak serta perwakilan dari Gojek, Tokopedia dan beberapa perusahaan lainnya.

Sementara dari pihak Gojek, turut hadir Gautama Adi Kusuma, - VP Public Policy & Government Relations (PPGR) Regional Gojek, Dena Natalia - District Head Gojek Surabaya Raya dan dua Mitra UMK GoFood dalam acara pemberian NIB ini Elisa Setya Dewi, pemilik Goocha Boba Surabaya (minuman boba), Erna Widyawati, pemilik Depot Angrid, Sememi (warung nasi bakar dan penyetan).

Gautama Adi Kusuma, VP Public Policy & Government Relations (PPGR) Regional Gojek mengatakan, Gojek berkomitmen untuk terus mendukung mitra UMK dalam mengembangkan usahanya.

Melalui kerjasama dengan Kemeninves/BKPM ini, mitra UMK Gojek sangat terbantu dalam mendapatkan NIB dan mengetahui manfaat dari kepemilikan NIB.

“Selain dengan Kemeninves/BKPM, Gojek terus mengembangkan kerjasama dengan badan Pemerintah lainnya dalam program percepatan perizinan usaha bagi UMK, salah satunya dengan Kemenkop UKM melalui program Transfumi (Transformasi Formal Usaha Mikro), BPJPH untuk pendampingan sertifikasi halal bagi UMK, dan BPOM untuk pendampingan perizinan usaha kuliner," jelas Adi.

Adi juga menegaskan, sebagai upaya memperkuat dukungan kepada UMKM, Gojek turut membantu pelaku UMKM Mitra Gojek yang telah dibantu proses perizinan usahanya, dengan memberikan pelatihan digital dan pembekalan keterampilan dalam  ekosistem Gojek.

"Hal ini merupakan komitmen kami dalam mendukung UMKM #BangkitBersama dan mendukung Pemerintah dalam mewujudkan target digitalisasi 30 juta UMKM di tahun 2024," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved