Breaking News:

Berita Malang

Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Malang Meningkat pada 2021, Faktor Ini Dominasi Laka Lantas

Selama tahun 2021, angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah Kota Malang mengalami peningkatan. Tercatat, sejak Januari hingga Desember 20

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
ILUSTRASI - Anggota Unit Laka Lantas Satlantas Polresta Malang Kota saat lakukan olah TKP di lokasi kecelakaan yang terjadi beberapa bulan lalu. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Selama tahun 2021, angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah Kota Malang mengalami peningkatan. Tercatat, sejak Januari hingga Desember 2021, terdapat 159 laporan kejadian kecelakaan.

Angka itu naik sebanyak 30 persen, dibandingkan jumlah laka lantas yang terjadi sepanjang tahun 2020 kemarin.
Pasalnya, di tahun 2020 tercatat ada sebanyak 123 laporan kejadian laka lantas.

Dengan adanya kenaikan jumlah laka lantas tersebut, tentunya juga disusul kenaikan jumlah korban meninggal dunia.

Kanit Laka Lantas Satlantas Polresta Malang Kota, Iptu Saiful Ilmi mengatakan selama tahun 2021, tercatat sebanyak 46 koban meninggal dunia akibat laka lantas.

"Sedangkan pada tahun 2020 lalu, tercatat 36 orang meninggal dunia akibat laka lantas. Sehingga, ada peningkatan sekitar 28 persen," ujarnya kepada TribunJatim.com, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Pemohon SKCK di Polresta Malang Kota Mendadak Membludak, Ternyata Ini Penyebabnya

Dirinya menjelaskan, kenaikan kejadian laka lantas juga berkolerasi dengan kenaikan jumlah korban luka ringan.

"Sepanjang tahun 2020, tercatat 135 korban mengalami luka ringan akibat laka lantas. Sedangkan di tahun 2021, tercatat 188 korban mengalami ruka ringan laka lantas. Sehingga, ada kenaikan sekitar 39,3 persen," jelasnya.

Dirinya juga mengungkapkan, jumlah kejadian laka lantas sepanjang tahun 2021 ini telah menyebabkan kerugian materi mencapai Rp 161.350.000

Nominal tersebut naik cukup drastis dibanding tahun 2020, yang tercatat menyebabkan kerugian materi mencapai Rp 90.300.000.

Baca juga: Sepanjang Tahun 2021, Ganja dan Sabu Masih Jadi Narkoba Favorit di Kota Malang

Dirinya mengungkapkan, banyaknya kejadian laka lantas di Kota Malang sepanjang tahun 2021, diakibatkan dari faktor pengendara kendaraan bermotor itu sendiri.

"Faktor yang pertama adalah karena manusianya (pengendara). Faktor yang kedua, akibat banyaknya pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas," terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat. Untuk selalu berhati-hati saat mengendarai kendaraan bermotor.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu menjaga etika dalam berkendara, patuhi rambu lalu lintas yang ada, serta perhatikan keselamatan orang lain dan juga keselamatan diri sendiri. Jangan lupa selalu berdoa saat di jalan raya, dan selalu bersabar saat berkendara," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved