Breaking News:

Berita Kota Malang

Muncul Wacana Penyekatan untuk Antisipasi Keramaian Tahun Baru 2022 di Alun-alun Merdeka Kota Malang

Muncul wacana penyekatan di sejumlah jalan untuk mengantisipasi keramaian Tahun Baru 2022 di Alun-alun Merdeka Kota Malang.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Hayu Yudha Prabowo
Kondisi lalu lintas di Simpang Empat Rajabali Kota Malang, Selasa (28/12/2021). Rencananya, Simpang Empat Rajabali akan dilakukan penyekatan untuk menghindari kerumunan Tahun Baru 2022 di Alun-alun Merdeka Kota Malang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Jelang Tahun Baru 2022, Satlantas Polresta Malang Kota telah menyusun skema penyekatan jalan yang mengarah ke Alun-alun Merdeka Kota Malang.

Rencananya, penyekatan tersebut akan dilaksanakan mulai 31 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppi Anggi Khrisna mengatakan, penyekatan tersebut masih menunggu keputusan yang tertuang dalam Inmendagri.

"Jadi ini masih rencana, belum bisa kami pastikan akan diterapkan. Ini skema, apabila nantinya ada keputusan untuk melakukan penutupan akses di Alun-alun Merdeka Malang. Tujuannya, agar tidak menjadi titik munculnya kerumunan saat Tahun Baru 2022," ujar AKP Yoppi Anggi Khrisna kepada TribunJatim.com, Selasa (28/12/2021).

Pria yang akrab disapa Yoppi ini menjelaskan, rencana skema penyekatan akan dilakukan di empat titik. Yakni di Simpang Empat Rajabali (perempatan Jalan Semeru dan Jalan Kahuripan), Simpang Tiga Jalan Majapahit-Tumapel, Simpang Tiga Olino, dan Simpang Tiga Es Talun.

Dalam rencana skema penyekatan itu, Satlantas Polresta Malang Kota telah menyiapkan beberapa jalur alternatif untuk pengalihan arus kendaraan.

Untuk skema pertama, pengendara bisa melintas dari Jalan Arif Margono menuju Jalan Kawi, dilanjutkan ke Jalan Ijen, kemudian ke Jalan Semeru dan keluar di Jalan JA Suprapto.

Untuk skema kedua, pengendara dari Jalan Ijen langsung menuju ke Jalan Bandung, dilanjutkan ke Jalan BS Riadi dan keluar di Jalan JA Suprapto.

Baca juga: Pastikan Tak Ada Penyekatan Saat Nataru, Kasatlantas Polres Malang: Prioritaskan Protokol Kesehatan

Sementara untuk skema ketiga, pengendara bisa melintas dari Jalan Arif Margono menuju ke Jalan Ade Irma Suryani, dilanjutkan ke Jalan Pasar Besar dan keluar di Jalan Gatot Subroto.

"Sedangkan bagi pengendara dari arah utara menuju selatan, bisa melintas di Jalan JA Suprapto, ke Jalan Basuki Rahmad, menuju Jalan Kahuripan, kemudian Jalan Kertanegara, dilanjutkan ke Jalan Trunojoyo dan keluar di Jalan Gatot Subroto," ungkapnya.

Namun AKP Yoppi Anggi Khrisna kembali mengungkapkan, rencana skema penyekatan tersebut dalam proses pembahasan.

"Dalam proses pembahasan dan masih menunggu adanya kebijakan lebih lanjut. Setidaknya, itu skema yang kami siapkan apabila ada aturan terkait pembatasan dan penyekatan, yang nantinya secara khusus mengatur penyekatan di area Alun-alun Merdeka Kota Malang," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved