Breaking News:

Berita Bisnis

Tahan Banting dan Inisiatif Jadi Kunci Bertahan dalam Menekuni Bisnis Kreatif

Resilience jadi satu kekuatan yang membuat Creative Center bisa bertahan hingga lebih dari 20 tahun.

Editor: Sudarma Adi
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Uti Rahardjo, pendiri sekaligus CEO Creative Center Indonesia (CCI) (kiri) saat launching buku perjalanannya dan CCI 

TRIBUNJATIM.COM, JAKARTA - Resilience (resiliensi) adalah kemampuan untuk beradaptasi dan tetap teguh dalam situasi sulit.

Kata ini cukup penting mewakili isi buku “Kreatif Berbisnis Kreatif – 21 tahun merawat bisnis kreatif,” yang ditulis oleh perempuan mandiri yang kreatif serta multitalenta, Uti Rahardjo, pendiri sekaligus CEO Creative Center Indonesia (CCI), perusahaan konsultan marketing communication (marcomm), yang diluncurkan di Jakarta.

Baca juga: Program Creative Center Bakal Fasilitasi Kreatifitas Anak Muda di Dunia Digital

Buku setebal kurang lebih 136 halaman ini, menceritakan suka duka, pengalaman memulai bisnis bersama tim dan sejumlah klien tingkat dunia dari wanita kelahiran Solo, Uti Rahardjo istri Rahardjo Satrio Unggul, dan juga ibu dari dua orang putra-putrinya.

Bagi Ganendra Satria, putra pertama Uti, hidup bersama seorang Ibu yang bekerja di rumah sejak ia masih balita, memberikan pengaruh yang luar biasa besar dalam leadership, independensi, ambisi serta kreativitas di dalam dirinya.

Baca juga: Pemkot Malang Belum Tentukan Pengelolaan Malang Creative Center, Sutiaji: Kami Bahasnya Manajemen

Bagi Laras Thyrza Amandari, putri dari Uti yang namanya digunakan sebagai brand batiknya, seorang Uti adalah sosok gambaran perempuan yang kuat dan figur independen, termasuk juga terbuka, vokal, dan selalu tahu apa yang diinginkannya.

Menurut Laras, sifat-sifat ini bukan merupakan ciri dari kebanyakan wanita Indonesia.

Dicuplik dari bagian buku ini, Uti menggambarkan perihal daya tangguh.

”Sikap maju tak gentar ini kemudian diserap oleh armada kami, sehingga nilai yang terbangun sejak awal di Creative Center adalah ketangguhan.

Resilience jadi satu kekuatan yang membuat Creative Center bisa bertahan hingga lebih dari 20 tahun. Istilah yang sekarang populer adalah “G. R. I. T” (Guts, Resilience, Initiative dan Tenacity), yang berarti memiliki nyali, tahan banting, penuh inisiatif dan persisten," terang Uti Rahardjo dalam rilisnya, Minggu (9/1/2022).

Hal yang menarik dari isi buku ini, selain bercerita secara mengalir, tanpa bermaksud menggurui, buku bernuasa 'jeruk – oranye' ini memberikan pengalaman batin, bagaimana perjalanan karir Uti, lulusan Psikologi UI, yang sebelumnya “tidak percaya diri” membangun sejumlah bisnisnya, justru bangkit menjadi semakin percaya kemampuan dirinya, berpikir “solo” karena Creative Center Indonesia (CCI) yang sebelumnya adalah Creative Center, didirikan oleh hanya “seorang Uti” sebagai pemrakarsa.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved