Breaking News:

Arti Kata

Arti Kebiri Kimia, Tuntutan Hukuman untuk Herry Wirawan, Simak Efek Samping dalam Jangka Panjangnya

Herry Wirawan dituntut hukuman mati dan kebiri kimia. Apa arti dari kebiri kimia? Apa efek sampingnya bagi pria?

freepik.com
Ilustrasi arti kebiri kimia - Herry Hirawan, guru pesantren rudapaksa 13 santriwatinya di Bandung, dituntut hukuman mati dan kebiri kimia. 

TRIBUNJATIM.COM - Belakangan ini ramai diperbincangkan soal hukuman kebiri kimia.

Diketahui Herry Wirawan dituntut hukuman mati dan kebiri kimia.

Herry Hirawan, guru pesantren rudapaksa 13 santriwatinya di Bandung, dituntut hukuman mati dan kebiri kimia serta membayar denda Rp 500 juta.

Tuntutan terhadap Herry Wirawan dibacakan langsung oleh Kepala Kejati Jabar, Asep N Mulyana, di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LLRE. Martadinata, Selasa (11/1/2022).

Lantas, apa arti dari kebiri kimia? Apa efek sampingnya bagi pria?

Baca juga: Arti Kata OTT, KPK Gelar OTT di Kota Bekasi, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Disebut Diamankan

Mengutip KBBI, kebiri adalah tindakan menghilangkan kelenjar testis pada jantan atau ovarium pada betina. Kebiri dapat dilakukan pada manusia maupun hewan.

Kebiri ada dua jenis, yakni kebiri kimia dan kebiri bedah.

Pada pasal 1 ayat (2) dijelaskan, Tindakan Kebiri Kimia adalah pemberian zat kimia melalui penyuntikan atau metode lain, yang dilakukan kepada pelaku yang pernah dipidana karena melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain, sehingga menimbulkan korban lebih dari 1 (satu) orang, mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, penyakit menular, terganggu atau hilangnya fungsi reproduksi, dan/atau korban meninggal dunia, untuk menekan hasrat seksual berlebih, yang disertai rehabilitasi.

Tindakan kebiri kimia, tindakan pemasangan alat pendeteksi elektronik, dan rehabilitasi ini dikenakan terhadap Pelaku Persetubuhan berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

Pelaksanaan tindakan kebiri kimia, pemasangan alat pendeteksi elektronik, dan rehabilitasi dilakukan oleh petugas yang memiliki kompetensi di bidangnya atas perintah jaksa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved