Breaking News:

Berita Nganjuk

Dorong Percepatan Perkembangan UMKM di Nganjuk, Pemkab Resmikan Gudang KUD Berbasis Digital

Upaya mendorong percepatan perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus dilakukan Pemkab Nganjuk.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Achmad Amru Muiz
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi berikan paparan dalam peresmian gudang digital KUD Sumber Pangan dalam upaya mengembangkan UMKM di Kabupaten Nganjuk. 

TRIBUNMATARAMAN.COM, NGANJUK - Upaya mendorong percepatan perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus dilakukan Pemkab Nganjuk.

Hal itu dilakukan melalui peresmian Gudang Digital Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Pangan Kabupaten Nganjuk.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, terpilihnya Kabupaten Nganjuk sebagai titik awal program Gudang Festival di Jawa Timur merupakan bukti keseriusan Pemkab Nganjuk bersama Induk KUD atau INKUD menggandeng Surge yang berafiliasi dengan Jaringan Logistik Indonesia (JLI).

Kerjasama tersebut dengan mendirikan Gudang Digital sebagai pengembangan KUD di era digitalisasi. Kehadiran Surge dan INKUD dalam pengembangan pelaku UMKM di masa-masa seperti sekarang dirasa sangat cocok.

"Dengan program terobosan Surge ini, diharapkan dapat melengkapi berbagai stimulus yang diberikan Kabupaten Nganjuk untuk mendukung pemulihan usaha UMKM Nganjuk," kata Marhaen Djumadi saat meresmikan Gudang Digital Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Pangan Nganjuk di Desa Kacangan Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, Kamis (13/01/2022).

Dengan sudah adanya gudang digital tersebut, dikatakan Marhaen Djumadi, diharapkan bisa memberi manfaat dalam hal teknologi digital.

Di mana pelaku UMKM dapat memperoleh akses bantuan modal hingga meningkatkan pemasaran produknya secara digital atau elektronik.

"Tentunya hal itu diharapkan bisa mensejahterakan masyarakat dan menjadi spirit KUD lainnya yang ada di Kabupaten Nganjuk untuk mengelola KUD berbasis digital,” ucap Marhaen Djumadi.

Sementara Direktur Utama INKUD, Portasius Nggedi mengatakan, langkah kolaborasi telah ditempuh untuk modernisasi jaringan Induk KUD, Pusat KUD, dan KUD lewat teknologi digital.

Di mana dengan Peresmian KUD Sumber Pangan Nganjuk tersebut bisa menjadi aksi berkelanjutan bersama Surge untuk membantu Koperasi dan UMKM di wilayah Jawa Timur agar masuk dalam ekosistem digital.

“Dengan Festival Gudang ini, maka pasokan produk-produk koperasi, UMKM yaitu hasil pertanian dan industri kerajinan di sekitar gudang KUD di Jawa Timur akan lebih mudah disalurkan dalam ekosistem yang dimiliki Surge. Program ini kami harapkan dapat memajukan ekonomi daerah lewat Koperasi dan UMKM,” tutur Portasius Nggedi.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved