Breaking News:

Berita Jember

Pembersihan Dampak Banjir di Perumahan Bumi Mangli Permai Jember Ditargetkan Selesai Jumat

Pembersihan dampak banjir di Perumahan Bumi Mangli Permai Jember ditargetkan selesai Jumat. TNI hingga PSHT bahu membahu bersihkan material banjir.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Relawan dari PSHT Jember membersihkan lumpur dari jalanan dan selokan Perumahan Bumi Mangli Permai, Jember. Pembersihan di lokasi terdampak banjir itu ditargetkan selesai pada Jumat (14/1/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pembersihan material lumpur dan tanah dampak banjir di Perumahan Bumi Mangli Permai (BMP) Kecamatan Kaliwates, Jember, ditargetkan selesai pada Jumat (14/1/2022).

Selain pembersihan lumpur, tanah dan pasir, ditargetkan pula pemadatan jalan rusak juga sudah selesai.

"Biar setelah itu, kegiatan warga sana berjalan normal kembali," ujar Camat Kaliwates, Nurul Hafid Yasin kepada Tribun Jatim Network, Rabu (12/1/2022).

Menurut Hafid, saat ini pembersihan lumpur, tanah juga pasir yang terbawa banjir menjadi prioritas. Sebab, sejumlah jalanan masih ditutupi lumpur, juga tanah. Ketika terkena air, jalanan menjadi becek dan licin.

Baca juga: Relawan PMI Jember Bersihkan Sumur Warga Perumahan Bumi Mangli Permai yang Terkontaminasi Banjir

Tumpukan tanah juga masih terlihat di beberapa titik. Saluran air di depan permukiman juga masih ada yang dipenuhi lumpur.

"Lumpur, tanah, juga pasir yang sudah terkumpul, dibuang ke lokasi yang sudah ditentukan. Jalan yang kemarin sempat putus, maupun berlubang karena pavingnya terbawa air, dipadatkan sampai bisa dilewati kendaraan. Hari ini beberapa titik sudah selesai," kata Hafid.

Sementara itu, Pemkab Jember nantinya akan membantu perbaikan rumah warga yang rusak akibat banjir.

"Sedangkan untuk perbaikan jalan lingkungan, seperti disampaikan oleh gubernur kemarin, akan dilakukan oleh pemprov. Pemkab membantu perbaikan rumah warga yang rusak," imbuhnya.

Dari pantauan Tribun Jatim Network di Perumahan BMP, pembersihan lumpur, tanah, dan pasir dampak banjir masih berjalan. Pembersihan dilakukan oleh personel gabungan, seperti TNI, Polri, juga relawan seperti dari Banser Tanggap Bencana, Palang Merah Indonesia, juga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

"Khusus untuk PSHT sudah dua hari ini diterjunkan membersihkan, jadi memang kami sangat terbantu. Ada sekitar 1.000 personel yang diterjunkan," kata Hafid.

Mereka membersihkan sejumlah gang yang masih ditutupi lumpur. Tanah yang sudah mengering disemprot memakai air, untuk kemudian dibersihkan.

Relawan juga membersihkan selokan dari timbunan lumpur.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir parah melanda Kecamatan Kaliwates, Jember, pada Minggu (9/1/2022). Banjir menyebabkan ratusan rumah terdampak, dan menimbulkan kerusakan.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved