Cara Mudah

Cara Mengetahui QRIS Aman di-Scan, Simak Informasi Lengkap Tentang Pembayaran Digital Berizin BI Ini

Mengenal apa itu QRIS, cara mendapatkan dan cara pembayaran digital menggunakan QRIS hingga cara mengetahui QRIS aman untuk di-scan.

Editor: Hefty Suud
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Layanan QRIS OCTO yang terus dikenalkan CIMB Niaga untuk menjadi pilihan utama nasabah dalam bertransaksi di masa new normal pandemi Covid-19, Juli 2020. 

TRIBUNAJTIM.COM - Kini metode pembayaran digital tengah menjadi tren.

Sebab, dengan metode ini memungkinkan masyarakat jadi lebih praktis dan efisien saat melakukan pembayaran.

Apalagi di tengah pandemi virus Corona ( Covid-19 ) metode pembayaran digital dinilai lebih aman untuk menghindari penyebaran virus.

Untuk itu, Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking, yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS memungkinkan semua orang yang punya alat pembayaran baik e-wallet, sampai mobile banking bisa melakukan transaksi.

Lantas, apakah Anda sudah mengetahui apa itu QRIS?

Berikut informasi selengkapnya tentang cara mendapatkan QRIS bagi merchant dan manfaat QRIS bagi pengguna, melansir dari Kompas.com, Sabtu (29/1/2022):

Baca juga: Cara Pendaftaran SIPSS 2022, Dibuka hingga 30 Januari, Intip Nominal Gaji Perwira Pertama Polisi

Baca juga: Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan di Mobile JKN, Benarkah Tak Bisa Diubah Jika Kurang dari 3 Bulan?

Apa itu QRIS?

Dilansir dari laman resmi BI, QRIS yang dibaca KRIS, adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan BI agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Musni Hardi Kusuma Atmaja, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri memperlihatkan salah satu contoh QRIS di kantornya, Senin (19/8/2019).
Musni Hardi Kusuma Atmaja, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri memperlihatkan salah satu contoh QRIS di kantornya, Senin (19/8/2019). (SURYA/DIDIK MASHUDI)
Halaman
1234
Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved