Berita Banyuwangi

Warga Desa di Banyuwangi Disiapkan Bisa Urus Adminduk di Berbagai Tempat

Desa-desa di Banyuwangi kian kreatif dalam berinovasi. Untuk mendekatkan pelayanan publik pada masyarakat, warga desa bisa mengurus administrasi kepen

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Haorrahman
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat mengunjungi Embung Kenitu, di sela-sela saat melaksanakan program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), Rabu (2/2/2022). 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Desa-desa di Banyuwangi kian kreatif dalam berinovasi. Untuk mendekatkan pelayanan publik pada masyarakat, warga desa bisa mengurus administrasi kependudukan (adminduk) tidak hanya di Balai Desa, namun juga di berbagai tempat. 

Seperti yang dilakukan Desa Setail, Kecamatan Genteng. Warga bisa membuat Adminduk di berbagai tempat seperti di rumah ketua RT/RW, rumah kepala dusun, dan ruang-ruang publik. 

Salah satunya di Embung Kenitu yang merupakan lokasi favorit untuk spot foto karena suasananya yang asri dan instagramable.

Embung Kenitu merupakan bendungan irigasi di Dusun Jalen, Desa Setail. Kini di Embung Kenitu warga desa juga bisa mengurus administrasi kependudukan (adminduk). 

Di Embung Kenitu kini terdapat kafe dan tempat kongkow yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat. Di tempat ini kini juga disediakan layanan pengurusan adminduk untuk warga desa. 

"Ini merupakan inovasi desa yang menarik. Mendekatkan layanan publik pada warga. Tempatnya juga nyaman, rindang, dan asyik," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat mengunjungi Embung Kenitu, di sela-sela saat melaksanakan program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), Rabu (2/2/2022). 

Kafe ini terletak di tepi aliran irigasi dengan dikelilingi hamparan sawah. Di tepi sawah terdapat beberapa gazebo yang membuat nuansa kian menarik. Kafe ini menjadi satu-satunya bangunan di area tersebut. 

"Selain wisata dan kongkow menikmati suasana yang nyaman, warga bisa mengurus kebutuhan adminduk. Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Desa Setail ini," kata Ipuk. 

Embung Kenitu ini difungsikan untuk menampung air saat curah hujan tinggi pada musim penghujan. Sehingga diharapkan tetap bisa memenuhi kebutuhan air saat musim kemarau datang.

Kepala Desa Setail, Saifudin mengatakan warga bisa melakukan pengajuan adminduk mulai dari rumah, karena pelayanan berbasis online. "Jadi dari rumah warga bisa mengajukan permohonan melalui online," kata Saifudin.

"Warga masuk form pendaftaran, tinggal pilih layanan apa yang dibutuhkan. Setelah itu mengisi form, selanjutnya diterima operator desa. Lalu diproses kepala desa melalalui tanda tangan elektronik. Setelah mendapat persetujuan, berkas bisa diunduh di berbagai tempat. Bisa di rumah ketua RT/RW, kepala dusun, dan lainnya. Termasuk di Embung Kenitu kami tempatkan tenaga administrasi untuk mengurus adminduk," jelas Saifudin

Layanan kependudukan yang bisa dilayani di Embung Kenitu ini antara lain,  Pengajuan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Pengajuan Kartu Keluarga (KK), Pengajuan Kartu Identitas Anak (KIA), Pengajuan Akta Kelahiran, Pengajuan Akta Kematian, Pengajuan Surat Keterangan Kematian. 

Selain itu juga layanan umum lainnya Pengantar SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian),  SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu),  SKU (Surat Keterangan Usaha), dan Surat Rekomendasi Pembelian BBM Jenis Tertentu. 

"Alhamdulillah, didorong oleh Pak Camat juga kepala-kepala dusun, kini warga kami yang agak jauh dari kantor desa bisa langsung  dapatkan dokumen yang dibutuhkan, tanpa harua ke kantor desa," ujar Saifudin. 

Selain digunakan untuk destinasi wisata, Embung Kenitu juga digunakan budidaya ikan, ternak, dan sayuran dengan sistem terintegrasi yang dikelola oleh Tim Penggerak PKK.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved