Berita Banyuwangi

Banyuwangi Culture Every Week, Wadah Pelajar Tampilkan Seni Budaya yang Digelar Tiap Akhir Pekan

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, setiap akhir pekan akan disuguhkan berbagai atraksi seni dan budaya.

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Haorrahman
Suasana launching Banyuwangi Culture Every Week, Sabtu sore (5/2/2022) di Pasar Pariwisata Terpadu, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, setiap akhir pekan akan disuguhkan berbagai atraksi seni dan budaya.

Menariknya, atraksi tersebut ditampilkan pelajar-pelajar Banyuwangi dalam sebuah event, Banyuwangi Culture Everyweek.

Hal itu disampaikan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meluncurkan event tersebut Sabtu sore (5/2/2022) di Pasar Pariwisata Terpadu, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi.

"Ini akan menjadi atraksi yang menarik. Setiap Sabtu sore, masyarakat maupun wisatawan bisa menyaksikan penampilan beragam seni dan budaya Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Event tersebut digelar setiap akhir pekan. Pelajar SD hingga SMA dari berbagai kecamatan di Banyuwangi secara bergiliran akan menampilkan beragam atraksi seni dan budaya. 

Ipuk mengatakan, Banyuwangi Culture Everyweek (BCE) digelar sebagai panggung bagi pelajar untuk menampilkan minat dan bakatnya di bidang seni.

Baca juga: Viral Sampah Bekas Rapid Test Antigen Berserakan di Laut, Polresta Banyuwangi Lakukan Penelusuran

Selain itu, lanjut dia, juga sebagai upaya untuk melestarikan tradisi dan budaya lokal Banyuwangi pada generasi muda. 

"Ini adalah salah satu upaya regenerasi seniman muda di Banyuwangi. Kami ajak anak-anak muda yang berbakat dan minat seni untuk berkreasi sebaik-baiknya di panggung ini. Saya yakin, di antara ribuan siswa yang terlibat di event ini, pasti akan ada siswa yang akhirnya tertarik untuk menekuni seni dan budaya daerah," kata Ipuk.

"Seni budaya harus dilestarikan karena itu menjadi salah satu modal Banyuwangi membangun daerahnya," imbuh Ipuk. 

Pertunjukkan perdana Banyuwangi Culture Everyweek kali ini digelar di Pasar Wisata Terpadu di Kecamatan Sobo dan diisi oleh siswa tingkat SD, SMP, dan SMA di wilayah Kecamatan Giri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved