Berita Jember

Pemkab Jember Kembali Terapkan PPKM Mikro untuk Percepatan Vaksinasi Covid-19

Untuk percepatan vaksinasi Covid-19 di lingkungan skala kecil, Satgas Penanganan Covid-19 Jember akan kembali mengaktifkan PPKM Mikro.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Screening kesehatan untuk vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Panti, Jember, Rabu (23/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Untuk percepatan vaksinasi Covid-19 (virus Corona) di lingkungan skala kecil, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember akan kembali mengaktifkan PPKM skala mikro.

"Hari ini, kami akan mengeluarkan surat untuk pelaksanaan PPKM Mikro. Kami berharap di setiap kecamatan, hingga desa dan kelurahan melakukan percepatan vaksinasi," tegas Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Bupati Jember, Hendy Siswanto, Rabu (23/2/2022).

Hendy Siswanto menegaskan, pihaknya menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk kalangan lansia. Karenanya, dia meminta para Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk menjemput para lansia yang kesulitan datang ke lokasi vaksinasi Covid-19.

"Kalau bisa nanti di bulan Maret, vaksinasi lansia dosis 2 bisa mencapai angka 40 persen," tegas Hendy Siswanto.

Sedangkan untuk vaksinasi lansia dosis 1 per 21 Februari 2022 sudah menyentuh angka 61,66 persen.

Kemudian vaksinasi anak-anak untuk dosis 1 mencapai 41,16 persen, dan dosis 2 masih 0,23 persen.

Untuk status PPKM secara nasional, Kabupaten Jember berada di Level 2. Namun untuk memperluas capaian vaksinasi, Hendy Siswanto memilih menerapkan kembali PPKM Mikro di tingkat desa dan kelurahan.

“Bukan status level itu yang diutamakan, lebih penting capaian vaksinasi dan tingkat keselamatan warga. Karena, baik yang sudah masuk PPKM Level 1 pun, tak tertutup kemungkinan persebaran mata rantai Covid-19 tetap berlangsung jika virusnya belum sepenuhnya musnah," tegas Hendy Siswanto.

Sementara itu, pada Rabu (23/2/2022), Hendy Siswanto bersama Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo mengikuti arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara virtual di Pendopo Kecamatan Panti. Setelah mengikuti paparan virtual itu, Hendy Siswanto dan Kapolres meninjau pelaksanaan vaksinasi di tempat tersebut.

Dalam paparannya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit menyampaikan, peran tokoh masyarakat dan tokoh agama sangat penting dalam mensukseskan vaksinasi. Dia mengaku gembira setelah mendengar kabar bahwa mayoritas tokoh masyarakat dan tokoh agama sudah menjalani vaksinasi dosis kedua dan akan mengikuti vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster.

“Tentunya ini contoh yang baik untuk mengajak masyarakat umum agar juga vaksinasi,” ungkap Jenderal Listyo Sigit.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved