Kunjungan Puan Maharani ke Jatim

Ketua DPR RI Puan Maharani Dapat Apresiasi, Dinilai Peduli Kebudayaan Keris

Ketua DPR RI Puan Maharani mendapat apresiasi dari perwakilan pengrajin keris di Kabupaten Sumenep. Puan dinilai sebagai figur yang sangat peduli

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Yusron Naufal Putra
Ketua DPR RI Puan Maharani saat memberikan bantuan kepada perwakilan pengrajin keris di Sumenep 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ketua DPR RI Puan Maharani mendapat apresiasi dari perwakilan pengrajin keris di Kabupaten Sumenep. Puan dinilai sebagai figur yang sangat peduli akan kelestarian keris sebagai salah satu budaya bangsa.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Desa Aeng Tong-tong Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep, Hadi Sudirfan seusai mendapat sejumlah bantuan dari Puan untuk diberikan kepada para pengrajin keris setempat.

"Alhamdulillah, kami merasa senang. Berterimakasih sebanyak-banyaknya kepada Ibu Puan Maharani," kata Hadi di Kabupaten Sumenep, Kamis (3/3/2022).

Desa Aengtong-tong selama ini memang tersohor sebagai sentra keris di Kabupaten Sumenep. Bahkan, telah terkenal hingga ke luar daerah.

Baca juga: Atasi Kelangkaan Minyak Goreng, Pemprov Jatim Gelontorkan 3.500 Ton ke 17 Daerah

Jumlah pengrajin keris atau empu di desa setempat berjumlah ratusan. Data terakhir tahun 2022 ini menunjukkan, setidaknya terdapat 495 empu disana.

Pemberian bantuan dari Puan tersebut berlangsung ditengah kunjungan kerja politisi PDI Perjuangan itu ke Kabupaten Sumenep. Selama beberapa hari terakhir, Puan memang menggelar serangkaian kunjungan di Jawa Timur.

Sejumlah bantuan yang diberikan oleh Puan itu, disebut Hadi menunjukkan jika cucu mendiang Presiden Soekarno itu perhatian terhadap kelestarian keris sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa.

"Ibu Puan sangat peduli sekali terhadap kebudayaan yang ada ini," ungkapnya.

Disebutkan Hadi, perhatian yang diberikan Puan menjadi semangat tersendiri bagi pengrajin keris di desanya untuk terus melestarikan dan terus berkarya.

"Agar keris yang ada di desa Aengtong-tong, khususnya, ke depan bisa lebih maju lagi," kata Hadi.

Sementara itu, Puan Maharani berharap bantuan 'tali asih' yang diberikan itu dapat bermanfaat termasuk dalam upaya pembinaan.

"Tolong sampaikan salam saya kepada para pengrajin keris," ucap Puan saat memberikan bantuan tersebut dengan didampingi Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan Anggota DPR RI Said Abdullah.

Kumpulan berita Jatim terkin

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved