Berita Pasuruan

Kota Pasuruan Dongkrak Ekonomi Lewat Pameran UMKM dan Pas Jazz Harmonie

Pemerintah Kota Pasuruan menggelar pameran produk UMKM lokal sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi di tengah pandemi. Event ini sekaligus digelar

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/GALIH LINTARTIKA
Pas jazz harmonie 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Pemerintah Kota Pasuruan menggelar pameran produk UMKM lokal sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi di tengah pandemi. Event ini sekaligus digelar dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

“Kita mencoba mencari cara untuk bisa beradaptasi dengan pandemi khususnya di bidang ekonomi dan pariwisata,” kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat membuka Event di halaman gedung Harmoni Kota Pasuruan, Sabtu (26/3/2022) malam.

Beragam produk UMKM lokal mulai dari kopi, beragam minuman tradisional, jajanan, batik, serta aneka karya kreatif warga Kota Pasuruan dipamerkan dalam Event yang digelar di Jalan Pahlawan Kota Pasuruan ini.

Tidak hanya beragam produk UMKM lokal, Event kali ini juga dimeriahkan panggung musik Jazz bertema Pas Jazz Harmonie.

Baca juga: Produk UMKM Kota Kediri Meriahkan Inacraft 2022, Sebagian Ludes Diborong Pengunjung Pameran

Beberapa bintang tamu mulai dari musisi jazz lokal hingga nasional seperti Tohpati dan Trie Utami didatangkan. Bahkan musisi lokal Pasuruan Cak Sodiq juga tampil dan membawakan musik Jazz.

“Saya ingin panggung ini jadi rintisan yang secara rutin bisa menampilkan Pas Jazz Harmoni yang bisa digelar setiap tahun. Sehingga bisa menyajikan musik yang enak didengar dan menghibur. Saya membayangkan nanti akan ada festival Padang bulan di Jalan Pahlawan ini,” kata Gus Ipul.

Meski Event kali ini dimeriahkan panggung jazz namun digelar dengan tamu terbatas dan penerapan protokol kesehatan.

“Malam ini kita mencoba memulai panggung kesenian. Tentu penuh keterbatasan. Kita tidak bisa mengundang banyak orang, meski Event ini sebenarnya ditunggu masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara itu, untuk menggelar Event kali ini, Pemerintah Kota Pasuruan juga menyulap Gedung Iconik Heritage Kota Pasuruan yakni Gedung Harmoni. 

Baca juga: Jokowi Kagumi Celengan Karakter Karya UMKM Binaan Pemkot Pasuruan

Gedung yang berada di jalan Pahlawan ini dibersihkan, dirapikan, dicat dan dipercantik. Kalimat Harmoni yang dulu sempat hilang di gedung ini dikembalikan. Pelataran gedung juga dipaving sehingga tampak rapi. Begitu juga trotoar depan gedung direnovasi dengan batu alam sehingga mampu mengembalikan nuansa heritage gedung ini.

Begitu juga pagar gedung yang dulu tampak kusam kini dihilangkan sehingga kesan gagah gedung bisa kembali bisa langsung dinikmati dari jalan raya.

“Kita sekaligus ingin memperindah dan mengembalikan nuansa asli Gedung Harmoni. Ini adalah bagian dari heritage di Kota Pasuruan yang harus kita rawat dan jaga dengan baik,” kata Gus Ipul.

Ke depan, Gus Ipul juga berencana memperbaiki beragam gedung heritage yang ada di Kota Pasuruan sehingga bisa mewujudkan Kota Pasuruan jadi destinasi wisata yang indah.

“Event dan Pariwisata adalah bagian dari lokomotif ekonomi. Pelan-pelan kita ingin mewujudkannya sehingga Kota Pasuruan bisa segera menjadi Kota Madinah yang maju ekonominya indah kotanya dan Harmoni warganya,” kata Gus Ipul

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved