Berita Jember

Jelang Ramadan, Stok Darah di PMI Jember Menipis, Relawan Diharapkan Segera Mendonor

Stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember menipis menjelang Ramadan 1443 H/2022. Hal ini terlihat dari laman

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Ndaru Wijayanto
PMI Jember
Donor darah oleh anggota TNI AD dan keluarga besar TNI di Jember 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember menipis menjelang Ramadan 1443 H/2022. Hal ini terlihat dari laman UDD PMI Jember di www.donodarahsehat.com.

Hingga pukul 09.32 Wib, Selasa (29/3/2022), untuk komponen whole blood (WB) golongan darah A, AB dan O kosong. Sedangkan golongan darah B hanya tiga kantong.

Sementara, untuk komponen darah Packed Red Cell (PRC) relatif lebih banyak dari pada WB. PRC golongan darah A dan B masing-masing sebanyak 16 kantong, AB sebanyak 11 kantong dan O sebanyak 35 kantong.

Sedangkan komponen darah Thrombocyte Concentrate (TC) sangat tipis, dan berpotensi kosong. Untuk TC golongan darah A dan Ab masing-masing hanya tersisa satu kantong. TC untuk golongan darah B dan O masing-masing hanya dua kantong.

Komponen darah Fresh Frozen Plasma (FFP) relatif cukup banyak meski tergolong tipis juga. Untuk DDB golongan darah A sebanyak 16 kantong, TC golongan darah B dan B masing-masing 16 kantong dan FFP golongan darah O sebanyak 14 kantong.

Baca juga: Ibu di Jember Nekat Buang Bayi ke Sumur, Ejekan Orang Sekitar Jadi Penyebab

Ketua PMI Kabupaten Jember EA Zaenal Marzuki mengakui, jika stok darah menipis menjelang Bulan Puasa 2022. Oleh karena itu, dia mengharapkan para relawan donor yang sudah waktunya berdonor untuk melakukan donor darah.

"Untuk para relawan, yang waktunya berdonor, kami harapkan segera berdonor. Selain itu, kami juga akan menggelar kegiatan rutin donor darah. Termasuk nanti saat Bulan Puasa," ujar Zaenal, Selasa (29/3/2022).

Kepada Surya (Tribun Jatim Network), Zaenal menuturkan, untuk mendongkrak stok darah, di Bulan Puasa nanti, pihaknya akan menggelar kegiatan donor darah rutin, berkeliling dari masjid ke masjid.

"Rutin seperti tahun lalu, dari masjid ke masjid setelah Salat Tarawih. Selain itu, untuk yang di Masjid Jami' AL Baitul Amien rutin setiap malam. Kami mengharapkan, warga mau melakukan aksi kemanusiaan dengan berdonor darah," ujarnya.

Untuk mendongkrak stok darah, tim  Mobile Unit UDD PMI Kabupaten menggelar kegiatan donor darah di tiga lokasi, Selasa (29/3/2022). Ketiga tempat itu yakni di PT Indomarco Adi Prima, RSD Kalisat dan Masjid Baitul Hakim.

Sedangkan pelayanan donor darah di UDD PMI Jl Srikoyo, Gerai Donor darah di Markas PMI Jl Jawa, Gerai Donor darah di Klinik Pratama PMI Jubung tetap berjalan seperti biasanya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved