Berita Kota Batu

ASN di Kota Batu Diperbolehkan Mudik, Dewanti Rumpoko Larang Mobil Dinas Dipakai Pulang Kampung

Tahun ini, ASN di Kota Batu diperbolehkan mudik, Wali Kota Dewanti Rumpoko melarang mobil dinas dipakai untuk pulang kampung.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Benni Indo
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko melarang ASN menggunakan mobil dinas untuk perjalanan pulang ke kampung halaman, Rabu (20/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Tahun ini, aparatur sipil negara (ASN) di Kota Batu telah diperbolehkan melaksanakan mudik ke kampung halaman masing-masing.

Ini menjadi kabar gembira untuk para ASN yang sudah dua tahun belakangan ini dilarang mudik akibat pandemi Covid-19 (virus Corona).

Pemberian izin bagi para ASN untuk bisa mudik itu sejalan dengan regulasi dari pemerintah pusat yang telah menetapkan cuti bersama Lebaran 2022 mulai 29 April dan 4-6 Mei 2022. Ketentuan telah dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri PANRB Nomor 375 Tahun 2022, Nomor 1 Tahun 2022, Nomor 1 Tahun 2022.

Regulasi itu mengubah kebijakan sebelumnya yang melarang perjalanan mudik pada 2020 dan 2021 lalu, karena pembatasan mobilitas masyarakat. Terbitnya aturan cuti bersama 2022, disambut bahagia kalangan ASN yang ingin melepas rindu bersama sanak saudara di kampung halaman.

“Bukan hanya cuti, secara regulasi pemerintah pusat mengizinkan mudik. Maka kami mempersilakan bagi ASN yang mau mudik menemui orang tua maupun saudaranya,” ujar Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Rabu (20/4/2022).

Dewanti Rumpoko tetap berpesan agar para ASN menerapkan disiplin protokol kesehatan. Para ASN di Kota Batu telah mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis ketiga. Meski telah menerima vaksin, penerapan protokol kesehatan sangat penting untuk menekan lonjakan potensi penularan.

Meski sudah mendapatkan izin mudik, Dewanti Rumpoko melarang ASN menggunakan mobil dinas untuk perjalanan pulang ke kampung halaman. Mobil dinas diperuntukkan bagi kegiatan kedinasan, sedangkan mudik atau pulang ke kampung halaman, bukanlah kegiatan dinas. Tidak hanya mobil dinas, fasilitas negara yang peruntukannya menunjang kerja kedinasan juga dilarang untuk digunakan keperluan mudik.

“Syaratnya tidak menggunakan fasilitas pemerintah kecuali untuk ASN yang piket tugas saat masa cuti bersama. Jadi tidak semuanya libur, ada beberapa yang piket bergilir,” papar Dewanti Rumpoko.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Kota Batu

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved