Berita Jember

Sedang Bantu di Rumah Saudara, Warga Jember Terperosok ke Sumur, Petugas Langsung Gercep

Seorang warga Dusun Krajan Desa/Kecamatan Kalisat, Bu Yusri (55) terperosok ke dalam sumur, Rabu (20/4/2022). Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar)

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Januar
TRIBUNJATIM.COM/ Sri Wahyunik
Petugas Damkar dibantu warga menyelamatkan warga terperosok dalam sumur di Desa/Kecamatan Kalisat, Rabu (20/4/2022 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Seorang warga Dusun Krajan Desa/Kecamatan Kalisat, Bu Yusri (55) terperosok ke dalam sumur, Rabu (20/4/2022). Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Posko Kalisat berhasil menyelamatkan Bu Yusri dalam kondisi hidup.

"Alhamdulillah, bisa diselamatkan meski kakinya keseleo, dan sedikit lemas. Langsung diperiksa di Puskesmas Kalisat," ujar Agus Wartono, Komandan Regu Damkar Posko Kalisat, Rabu (20/4/2022).

Agus menuturkan, sekitar pukul 08.00 WIB, pihaknya mendapatkan laporan adanya warga masuk sumur. Petugas Damkar pun langsung mendatangi lokasi. Sekitar satu jam, petugas berhasil menyelamatkan perempuan paro baya tersebut.

Yusri bisa terperosok ke sumur tersebut ketika sedang rewang di rumah tersebut. "Dia sedang rewang di rumah saudaranya itu. Sumur berada di daerah dapur," ujar Agus.

Baca juga: Bagi BLT Minyak Goreng di Pasar Tambahrejo Surabaya, Presiden Jokowi Dielukan Ibu-ibu

Bibir sumur berada di lantai dapur. Bibir sumur hanya ditutupi keramik, dan keset. Ada pipa penyedot air di area bibir sumur, yang menandakan jika di bawahnya ada sumur.

Dari video yang diambil oleh petugas Damkar Kalisat, bibir sumur memang tertutupi keramik berwarna hijau. Diameter sumur sekitar 1 meter. "Namun sebagian besar tertutupi keramik. Nah, tadi keramik yang diinjak oleh ibu ini rapuh, kemudian si ibu terperosok," lanjutnya.

Satu keramik yang diinjak oleh Bu Yusri rapuh, menyebabkan dia terperosok ke dalam sumur. Jadi area yang terbuka memang hanya seukuran satu keramik sekitar 40 centimeter.

Hal itu pula yang menyebabkan pertolongan terbilang sulit. Hanya satu orang petugas yang bisa masuk ke dalam sumur, menyusul si ibu. Sedangkan lainnya membantu menarik dari atas.

"Permukaan sumur ke bibir sekitar 3 - 4 meter. Tadi warga sudah menolong memakai tangga namun kesulitan. Satu petugas kami masuk, menolong si ibu dari bawah, dan sisanya menariknya dari atas. Sekitar 30 menit sampai 1 jam tadi pertolongannya. Alhamdulillah, korban selamat," pungkas Agus.

Kepada pemilik rumah, Agus menyarankan di atas bibir sumur untuk ditutup secara kuat, seperti dicor, tidak sekadar ditutup memakai keramik saja. Hal ini untuk mengantisipasi tidak terjadinya peristiwa serupa.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved