Berita Kota Malang

Jelang Mudik Lebaran 2022, Polisi Gelar Simulasi Pengalihan dan Rekayasa Lalu Lintas di Kota Malang

Jelang pelaksanaan mudik Lebaran 2022, polisi gelar simulasi pengalihan dan rekayasa lalu lintas di Kota Malang. Dilakukan di dua simpang.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan
Satlantas Polresta Malang Kota saat melakukan penutupan Simpang PDAM Lama, dalam kegiatan simulasi pengalihan dan rekayasa lalu lintas, antisipasi mudik Lebaran 2022, Kamis (21/4/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Satlantas Polresta Malang Kota gelar simulasi pengalihan dan rekayasa lalu lintas (lalin) menjelang mudik Lebaran 2022, Kamis (21/4/2022).

Simulasi tersebut, dilaksanakan di Simpang PDAM Lama (pertigaan Jalan Ahmad Yani-Jalan LA Sucipto) dan Simpang Borobudur (pertigaan Jalan Ahmad Yani-Jalan Borobudur).

Dari pantauan TribunJatim.com, terlihat anggota Satlantas Polresta Malang Kota memasang water barrier di dua simpang tersebut.

Sehingga, arus lalu lintas dari Jalan Borobudur yang langsung menuju ke arah Jalan Ahmad Yani (dari barat ke selatan), seluruhnya dialihkan ke arah utara (arah menuju Singosari). Sedangkan untuk Simpang PDAM Lama ditutup, dan seluruh arus lalu lintas dialihkan semua ke arah utara.

Seluruh arus lalu lintas tersebut, dapat melakukan putar balik di U Turn (putar balik) di bawah Fly Over Arjosari.

Lalu untuk arus lalu lintas dari Jalan LA Sucipto, diarahkan langsung ke selatan. Dan dapat putar balik di Jalan Letjen S Parman (depan Hotel Atria).

Wakasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Kuntjoro mengatakan, simulasi tersebut dilakukan untuk mengetahui Cara Bertindak (CB) di lapangan.

"Saat ini, kami melaksanakan simulasi rekayasa lalu lintas. Hal ini kami lakukan, untuk mengetahui cara bertindak di lapangan apabila terjadi kepadatan saat arus mudik dan arusi balik. Utamanya arus lalu lintas dari arah utara ke selatan dan begitu juga sebaliknya," ujar AKP Kuntjoro kepada TribunJatim.com.

Dirinya menjelaskan, rekayasa lalu lintas tersebut akan dilakukan melihat dari situasi dan kondisi di lapangan.

"Saat terjadi kepadatan, akan dilakukan pengaturan oleh petugas secara manual. Kalau arus lancar, akan kita buka kembali dan mengandalkan pengaturan dari lampu lalu lintas," terangnya.

Dirinya mengungkapkan, rekayasa lalu lintas saat arus mudik Lebaran tidak hanya dilakukan di Simpang PDAM Lama dan Simpang Borobudur saja, namun juga di beberapa titik simpang jalan lainnya.

"Seperti Jembatan Tunggulmas, kita lakukan rekayasa lalu lintas satu arah. Jadi, arus lalu lintas dari Jalan Raya Tlogomas arah barat boleh melintas di jembatan. Namun dari arah Jalan Saxophone tidak boleh melintas di jembatan," ujarnya.

"Selain itu, rekayasa lalu lintas dilakukan di Jalan Soekarno Hatta, di mana diarahkan putar balik di depan Taman Krida Budaya Jatim. Lalu, kami juga terjunkan tim urai kemacetan untuk bersiaga di Simpang Tiga Janti dan Simpang Tiga Klayatan, antisipasi adanya kemacetan lalu lintas," tandasnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Kota Malang

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved