Berita Jatim

144.392 Personel Disiagakan dalam Operasi Ketupat Semeru, Khofifah Berpesan Prioritaskan Dua Hal Ini

Sejumlah 144.392 orang personel pengamanan gabungan dilibatkan dalam Operasi Ketupat Semeru 2022 yang berlangsung 12 hari, yang dimulai Kamis (28/4/20

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM/istimewa
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 di Mapolda Jatim, Jumat (22/4/2022).  

144.392 Personel Gabungan Disiagakan dalam Operasi Ketupat Semeru 2022, Gubernur Jatim Berpesan Prioritaskan Keamanan & Keselamatan

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sejumlah 144.392 orang personel pengamanan gabungan dilibatkan dalam Operasi Ketupat Semeru 2022 yang berlangsung 12 hari, yang dimulai Kamis (28/4/2022) hingga Senin (9/5/2022) mendatang. 

Personel gabungan itu terdiri dari 87.880 ribu Polri, 13.827 TNI, 43.225 ribu personil dari instansi terkait antara lain, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, PMK, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. 

Ratusan ribu orang personel tersebut akan ditempatkan pada 1.700 pos pengamanan, 734 pos pelayanan dan 258 pos terpadu, yang tersebar se-Jatim.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat agar senantiasa memprioritaskan keamanan dan keselamatan selama menjalani momen mudik lebaran. 

Mengingat hasil survei Kemenhub mencatat 47% pemudik menggunakan mobil pribadi. 

Baca juga: Jelang Arus Mudik Lebaran, Polres Tuban Petakan Kawasan Rawan Kecelakaan, Berikut Lokasinya

Dari segi keselamatan, Khofifah menganjurkan masyarakat yang akan mudik melalui jalur darat dengan mengendarai mobil pribadi mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan selama melakukan perjalanan dalam waktu tempuh panjang. 

Mulai dari kondisi fisik para pengendara dan penumpangnya. Termasuk, kondisi kendaraan yang akan digunakan mudik; ban, mesin dan komponen lainnya. 

Termasuk, ia juga mengimbau masyarakat atau pengendara untuk memanfaatkan fasilitas tempat pemberhentian (Rest Area) yang tersebar di sepanjang ruas tol Jatim, untuk istirahat. 

"Termasuk jaga, jangan sampai mengantuk di jalan, di rest area mereka silakan istirahat, dan di rest area, pak kapolri memberi arahan disitu bisa dilakukan random tes cek antigen," ujarnya seusai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 di Mapolda Jatim, Jumat (22/4/2022). 

Baca juga: Bikin Tertarik Membaca, Papan Imbauan Lucu Hiasi Perlintasan Tanpa Palang Pintu di Probolinggo

Dari segi keamanan, mantan Menteri Sosial RI itu, juga tak henti-hentinya mengingatkan agar masyarakat senantiasa mengaktivasi dan menggunakan semaksimal mungkin aplikasi Pedulilindungi.

Aplikasi tersebut, dapat digunakan sebagai bentuk proteksi terhadap potensi terburuk penularan Covid-19 di area-area publik, seperti mall, taman, tempat wisata dan semacamnya. 

"Jadi bukan hanya ada, tapi digunakan ditempat yang berpotensi terjadi keramaian. Apakah itu tempat wisata, mall, dan sebagainya," pungkas Khofifah

Sementara itu, Direktur Ditlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman mengatakan, sepanjang ruas tol di Jatim, terdapat 23 rest area yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beristirahat, disela menempuh perjalanan mudik. 

"Ada 23 rest area yang akan kita kelola bagaimana masyarakat yang perjalanan jauh melewati jalur Jatim, setibanya di rest area bisa berjalan nyaman," ujar mantan Kapolres Semarang itu. 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved