Berita Banyuwangi

Gubernur Khofifah dan Forkopimda Jatim Pantau Arus Balik di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau arus balik di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Sabtu (7/5/2022).

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau arus balik di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Sabtu (7/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau arus balik di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Sabtu (7/5/2022).

Bersama dengan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jatim, Marsma TNI Rudy Iskandar menengok langsung akses penyeberangan dari Jawa ke Bali tersebut.

"Kami, forkopimda Jatim, melakukan monitoring pada saat mudik di perbatasan Ngawi dan sekarang melakukan pemantauan arus balik di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi," ungkap Khofifah.

Dalam pantauannya, menurut Khofifah, arus balik terlihat cukup lancar. Hal tersebut dikarenakan adanya manajemen transportasi yang baik.

"Sudah ada online ticketing, mempermudah penumpang. Tidak lagi mengantri," terang Khofifah.

Selain itu, imbuh Khofifah, juga ditambahkan bridge dan mobile bridge untuk mempermudah akses para penumpang.

Baca juga: BREAKING NEWS - Belasan Anak Jatuh Akibat Seluncuran Kolam Renang Kenjeran Park Surabaya Ambrol

"Baik penumpang yang menggunakan sepeda motor, kendaraan pribadi, kendaraan umum maupun pejalan kaki dapat dengan cepat menuju ke kapal," ungkap Khofifah.

"Ini menjadi bagian penting manajemen angkutan. Semua tertata dengan baik, well-managed. Sehingga memperlancar perjalanan warga," imbuhnya. 

Khofifah juga menyempatkan menyapa para penumpang saat di pelabuhan. "Jangan lupa menggunakan masker," kata Khofifah saat berbincang dengan Uswatun Hasanah, salah satu penumpang KMP Pratita IV yang akan menuju ke Bali.

Uswatun yang asal Kendal bersama keluarganya akan berangkat liburan ke Bali. "Alhamdulillah, perjalanannya lancar dari rumah sampai Banyuwangi ini. Kebetulan suami boleh ambil cuti setelah Lebaran. Jadi kita liburannya sekarang," jelas Uswatun. 

Baca juga: Pria Berbobot 275 Kg di Malang Alami Hal Tak Terduga saat Naik Lift, Butuh 12 Orang Lakukan Evakuasi

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah yang turut mendampingi kunjungan itu menyebutkan, pihak Pemkab Banyuwangi sendiri melakukan sejumlah langkah preventif untuk memastikan proses mudik dan arus balik berjalan dengan lancar. 

"Bersama dengan TNI dan Kepolisian, kita membuka sejumlah pos pantau di pintu-pintu masuk Banyuwangi. Juga melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di sejumlah titik yang memungkinkan terjadinya keramaian. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan," ungkap Sugirah.

Dalam kunjungan ke Pelabuhan Ketapang tersebut, Khofifah juga membagikan tali asih ke sejumlah petugas yang bertugas selama mudik dan arus balik. Mulai dari kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Tagana, PMI dan sejumlah pihak lainnya. 

Baca juga: Kisah Pilu Pemudik Lamongan-Sidoarjo, Motor Mendadak Terbakar saat Sudah Dekat dari Rumah di Medaeng

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved