Berita Jatim

2 Persimpangan Ini Jadi Bahan Evaluasi Berkala Polda Jatim Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

Dua persimpangan di Jawa Timur ini menjadi bahan evaluasi berkala Polda Jatim selama arus mudik dan Balik Lebaran 2022 kemarin.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Luhur Pambudi
Kondisi lalu lintas di simpang tiga Mengkreng, Kediri pada arus mudik Lebaran, Jumat (29/4/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ada dua titik pemicu kepadatan pada momen arus mudik dan balik Lebaran, selama Operasi Ketupat Semeru 2022, dalam kurun waktu 12 hari kemarin. 

Keduanya adalah persimpangan tiga jalan di Mengkreng, Kediri, dan simpang empat Karanglo, Singosari, di Kabupaten Malang.

Simpang tiga Mengkreng, merupakan titik yang menghubungkan wilayah Kabupaten Kediri, Nganjuk, dan Jombang. 

Kemudian, simpang empat Karanglo, menjadi jalur utama mengarah ke pintu masuk ke Kota Batu dan Kota Malang

Direktur Ditlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, di dua titik jalan tersebut, terdapat perlintasan kereta api (KA). Sehingga arus lalu lintas yang berada di lokasi tersebut, akan secara berkala tersendat ketika terjadi mekanisme buka dan tutup palang pintu perlintasan. 

"Hambatan di Mengkreng, memang itu permasalahan kereta api. Juga di Malang, masalah perlintasan KA, menjadi (penyebab) perlambatan lalu lintas, karena kendaraan berhenti menunggu KA melintas," ujar Kombes Pol Latif Usman di Mapolda Jatim, Rabu (11/5/2022). 

Kombes Pol Latif Usman mengungkapkan, dua titik tersebut, masih terus dilakukan evaluasi oleh pihak Satlantas Polres atau Polresta setempat, yang tentunya bekerja sama dengan stakeholder atau instansi terkait. 

"Memang ada beberapa titik yang kita harus selesaikan bersama-sama oleh stakeholder terkait," pungkasnya. 

Dua titik ruas jalan tersebut, merupakan jalur arteri yang dilalui kendaraan yang melakukan perjalanan mudik ataupun balik. 

Berdasarkan catatan Ditlantas Polda Jatim, terdapat 450.372 kendaraan keluar-masuk melalui enam jalur arteri Jatim. 

Seperti perbatasan Tuban-Jawa Tengah, Ngawi-Jawa Tengah, Magetan-Jawa Tengah, Pacitan-Jawa Tengah, dan Ponorogo-Jawa Tengah. 

Jumlah kendaraan yang masuk melalui jalur arteri, sejumlah 160.311 kendaraan. Lonjakan terjadi pada Sabtu (7/5/2022) yakni 32.663 kendaraan. 

Sedangkan, jumlah kendaraan yang keluar melalui jalur arteri, sejumlah 290.061 kendaraan. Lonjakan terjadi pada Sabtu (7/5/2022) yakni 35.890 kendaraan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved