Berita Jember

Peserta UTBK SBMPTN 2022 di Universitas Jember Tetap Diminta Pakai Masker Saat Ujian

Peserta UTBK SBMPTN 2022 di Universitas Jember (Unej) tetap diminta memakai masker saat ujian berlangsung. Namun bisa memilih saat di luar ruangan.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Petugas memberi stempel kepada peserta UTBK SBMPTN 2022 di Universitas Jember, Selasa (17/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang melonggarkan pemakaian masker mendapatkan respons dari pihak Universitas Jember (Unej), yang saat ini sedang menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Seperti dilansir dari Tribunnews, Selasa (17/5/2022) sore, Presiden Joko Widodo memperbolehkan masyarakat melepas masker di luar ruangan. Meski begitu, ada beberapa catatan terkait pelepasan masker itu.

Masker boleh dilepas saat beraktivitas luar ruang, tanpa banyak orang. Sedangkan lansia, masyarakat golongan rentan, serta mereka yang punya penyakit komorbid untuk tetap bermasker, termasuk orang yang sedang menderita batuk pilek. Presiden juga berpesan, masyarakat tetap memakai masker jika beraktivitas di dalam ruangan, dan saat berada di transportasi publik.

Di sisi lain, mulai hari ini juga, Selasa (17/5/2022), pemerintah melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sedang menggelar UTBK SBMPTN 2022. Perguruan tinggi negeri di Indonesia menjadi lokasi pelaksanaan UTBK SBMPTN ini, termasuk Universitas Jember, PTN yang ada di Jember, Jawa Timur.

Tribun Jatim Network mengkonfirmasi Ketua Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid-19 (TTDKBC) Universitas Jember, dr Ulfa Elfiah, terkait kebijakan dari presiden itu, apakah membuat pihaknya mengubah kebijakan terkait pemakaian masker. Karena, sebelum ada kebijakan tersebut, panitia mewajibkan semua peserta, juga pengawas bermasker, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Ulfa mengaku sudah mendengar informasi terkait kebijakan bermasker itu. Dia pun sudah memberikan jawaban kepada pimpinan Universitas Jember.

Menurut Ulfa, jika di dalam ruangan, peserta UTBK tetap memakai masker.

"Kalau di dalam ruangan, sampai saat ini, tetap memakai. Karena ini kan lumayan (waktu ujian) tiga jam," kata Ulfa.

Sementara itu, untuk mereka yang berada di luar ruangan, jika ingin mengacu kepada kebijakan presiden, maka dipersilakan memilih, yakni untuk tetap memakai masker, atau tidak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved