Berita Nganjuk

Cegah Penyebaran DBD di Nganjuk, Tiga Pilar Desa Lakukan Fogging dan Pembersihan Lingkungan

Cegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Nganjuk, tiga pilar desa lakukan fogging dan pembersihan lingkungan bersama-sama.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Fogging untuk mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Kedungdowo, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jumat (27/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan pemdes setiap desa di Kabupaten Nganjuk melakukan antisipasi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), yakni dengan memberikan imbauan menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan penyemprotan (fogging) sarang nyamuk aedes aegypti.

Kapolsek Nganjuk Kota Polres Nganjuk, Kompol Burhanudin mengatakan, khusus untuk kegiatan fogging, menyasar area publik di lingkungan permukiman penduduk desa, seperti di Desa Kedungdowo, Kecamatan Nganjuk.

"Kerja sama tiga pilar dalam pelaksanaan fogging tersebut sebagai wujud perhatian dan kewaspadaan terhadap penyakit DBD," kata Kompol Burhanudin didampingi Kasi Humas Polres Nganjuk, Iptu Supriyanto, Jumat (27/5/2022).

Dijelaskan Kompol Burhanudin, fogging akan dilakukan tidak hanya di lingkungan permukiman penduduk, namun juga di kantor-kantor pelayanan publik yang ada di wilayah Kecamatan Nganjuk. Ini dikarenakan tidak menutup kemungkinan nyamuk aedes aegypti bersarang di tempat-tempat umum tersebut.

"Itulah mengapa sasaran fogging dalam pencegahan penyakit DBD menyasar semua titik tempat sarang nyamuk," ujar Kompol Burhanudin.

Kegiatan fogging di wilayah Nganjuk, menurut Kompol Burhanudin, juga sebagai upaya bersama Polsek Nganjuk Kota, Koramil 0810/01 Nganjuk, Muspika dan Puskesmas Nganjuk untuk ikut berperan dalam mencegah atau menghindarkan bahaya DBD.

"Melihat risiko kesehatan yang berbahaya itulah kami senantiasa melakukan berbagai upaya pencegahan dan menyelamatkan warga dari penyakit DBD," tandas Kompol Burhanudin.

Sementara Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, upaya pencegahan penyakit DBD di Kabupaten Nganjuk terus dilakukan hingga di tingkat desa. Salah satu upaya pencegahan yakni melakukan pembersihan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

"Dan Alhamdulillah, penyakit DBD di Kabupaten Nganjuk tingkat serangannya landai. Itu semua berkat kerja sama semua pihak dan masyarakat dalam melakukan kerja bakti atau gotong royong secara serentak untuk pemberantasan sarang nyamuk (PSN)," tutur Marhaen Djumadi.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Nganjuk

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved