Berita Banyuwangi

Pagelaran Wayang Kulit Tambah Kemeriahan World Surf League di Banyuwangi

Berbagai rangkaian pagelaran seni budaya, ditampilkan Banyuwangi menyambut World Surf League (WSL), di Pantai Plengkung (G-Land) Alas Purwo, Banyuwang

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Pagelaran wayang kulit di Pasar Wisata Jatian, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo selama semalam suntuk, Kamis (25/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Berbagai rangkaian pagelaran seni budaya, ditampilkan Banyuwangi menyambut World Surf League (WSL), di Pantai Plengkung (G-Land) Alas Purwo, Banyuwangi, 28 Mei-6 Juni 2022.

“Kami mengenalkan beragam seni budaya Banyuwangi kepada masyarakat luas. Khususnya kepada para pesurfer dan turis mancanegara lainnya yang sedang hadir dalam event WSL kali ini,” terang Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Senin (30/5/2022).

"Terima kasih atas semua partisipasi masyarakaat dan aparat yang semuanya kompak untuk menyukseskan WSL," kata Ipuk.

Seperti pagelaran wayang kulit di Pasar Wisata Jatian, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo selama semalam suntuk sebelum kompetisi dimulai.

Pertunjukan wayang yang digelar, Kamis (25/5/2022) malam, mengangkat lakon Dewa Ruci yang dibawakan oleh Ki Dalang Ichwan Dwi Purbocarito.

Pertunjukan wayang tersebut ditonton ribuan warga dari desa sekitar. Mereka sangat antusias menyaksikan tontonan tersebut hingga larut.

"Dalam rangka memeriahkan rangkaian WSL, kami sengaja gelar wayangan sebagai bentuk selamatan dan budaya warga," tambah Ipuk.

Mengiringi WSL, beragam sajian seni budaya digelar di kawasan TN Alas Purwo. Seperti wayang kulit, jaranan buto, dan beragam tarian daerah yang dipusatkan di pasar wisata Jatian.

Dengan ragam sajian tersebut, Ipuk berharap, akan semakin memberikan nilai tambah dan kesan bagi para pesurfer yang datang ke Banyuwangi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved