Berita Banyuwangi

Bupati Ipuk Instruksikan Percepat Pembangunan dan Perbaikan 1.000 Titik Jalan Banyuwangi: Bertahap

Bupati Ipuk Fiestiandani instruksikan dinas terkait untuk percepat pembangunan dan perbaikan 1.000 titik jalan di Banyuwangi: Bertahap.

Penulis: Haorrahman | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat meninjau salah satu jalan yang rusak di Kelurahan Kertosari, Minggu (26/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menginstruksikan kepada dinas terkait untuk mempercepat eksekusi pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan yang direncanakan mencapai 1.000 titik pada tahun 2022 ini. 

"Mohon maaf memang soal jalan kita lakukan bertahap. Saya sudah minta ke dinas utuk dipercepat. Kita baru jalan dua bulan terakhir karena ada proses yang harus kita lalui. Hingga saat ini sudah ada 124 titik yang dilaksanakan, sehingga sampai akhir tahun bisa 1.000 titik. Ini juga sebagai instrumen pemulihan ekonomi, karena saya minta skemanya padat karya yang banyak menyerap tenaga kerja," kata Ipuk Fiestiandani, saat meninjau salah satu jalan yang rusak di Kelurahan Kertosari, Minggu (26/6/2022).

"Seperti jalan di kawasan Kertosari ini, saya mendapat usulan dari warga pas pertemuan minggu lalu, karena itu saya lihat langsung ke sini. Ini kami masukkan di PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) APBD," tambah Ipuk Fiestiandani.

Dia mengatakan, banyak usulan pembangunan dan perbaikan jalan dari masyarakat. Perbaikan jalan diutamakan yang kondisinya rusak berat. Semua proses diminta Ipuk dipercepat.

"Di antaranya jalan di sepanjang Balai Desa Tegalrum, Kecamatan Sempu, juga Jalan Desa Sragi-Gendoh, jalan di Dusun Yudomulyo Desa Ringintelu, Bangorejo, kita laksanakan tahun ini. Termasuk jalan di Desa Ringinagung, Kecamatan Pesanggaran yang juga akan dikerjakan tahun ini dengan menggunakan beton," imbuhnya. 

Pada tahun ini pula akan dibangun jalan sepanjang 12 kilometer mulai dari Bandara Banyuwangi hingga Tembokrejo Muncar (Blimbingsari-Bomo, Bomo-Sumber Sewu, Sumber Sewu-Tembok Rejo). 

Ipuk menambahkan, sejumlah program pelebaran jalan untuk memperlancar aktivitas masyarakat sekaligus menggerakkan perekonomian juga akan dilakukan di sejumlah titik, di antaranya Kebondalem-Kesilir Krajan, dan Blimbingsari-Patoman.

Plt Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Banyuwangi, Danang Hartanto menambahkan, pada tahun ini terdapat 746 titik pembangunan dan perbaikan jalan aspal. Angka itu belum termasuk jalan paving yang juga akan dibangun. 

”Total akan ada 1.000 titik jalan yang dibangun, sesuai instruksi ibu bupati. Kami akan bekerja keras mempercepat semua prosesnya sesuai arahan ibu bupati," jelas Danang Hartanto

Hingga bulan ini, lanjut dia, telah dikerjakan dan mulai pembangunan dan pemeliharaan jalan aspal di 124 titik.

"Untuk bulan ini bakal ada tambahan hingga menjadi 181 titik yang akan dilakukan pembangunan dan perbaikan," kata Danang.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Banyuwangi

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved