Berita Surabaya

Kebakaran Dua Kapal di Dermaga Surabaya Berhasil Dipadamkan, KLM Rukun Abadi Karam

Kebakaran dua kapal penangkap ikan di Surabaya berhasil dipadamkan, namun KLM Rukun Abadi yang terbakar keseluruhan telah karam ke dasar perairan.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Belasan mobil pemadam kebakaran berbagai jenis diterjunkan untuk memadamkan kebakaran dua kapal penangkap ikan, KLM Duta Kencana dan KLM Rukun Abadi, saat bersandar di Dermaga Pelabuhan Kalimas Tanjung Perak, Jalan Kalimas Baru No 136, Perak Utara, Pabean Cantikan, Surabaya, Minggu (17/7/2022).  

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Belasan mobil pemadam kebakaran berbagai jenis diterjunkan untuk memadamkan kebakaran dua kapal penangkap ikan, KLM Duta Kencana dan KLM Rukun Abadi, saat bersandar di Dermaga Pelabuhan Kalimas Tanjung Perak, Jalan Kalimas Baru No 136, Perak Utara, Pabean Cantikan, Surabaya, Minggu (17/7/2022). 

12 kendaraan tersebut di antaranya, satu truk Pos Pegirian, dua truk Pos Rayon 1 Pasar Turi, dua truk Pos Rayon 2 Tambak Rejo, satu truk Pos Rayon 5 Margomulyo, dan enam truk dari Tim Rescue DPKP Surabaya

Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, Wasis Sutikno mengatakan, proses pembasahan hingga dinyatakan rampung dan aman sekitar pukul 08.47 WIB. 

Kondisi KLM Rukun Abadi yang terbakar keseluruhan kini telah karam ke dasar perairan. Sedangkan KLM Duta Kencana yang terkena rambatan teridentifikasi terbakar 50 persen di bagian ruang nahkoda. 

"Sedangkan di bagian dek kapal aman," ujar Wasis Sutikno saat dihubungi TribunJatim.com, Minggu (17/7/2022). 

Berdasarkan informasi yang dihimpun petugasnya di lokasi, kobaran api diketahui pertama kali muncul dari area ruang dapur di belakang kapal KLM Rukun Abadi

Diduga, ungkap Wasis Sutikno, penyebab api penyebab kebakaran karena korsleting instalasi kelistrikan di bagian kapal tersebut. 

Namun, pihaknya menyerahkan segala bentuk penyelidikan lanjutan pascapemadaman kepada pihak Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

Dua kapal penangkap ikan, yakni KLM Duta Kencana dan KLM Rukun Abadi yang sedang bersandar di dermaga Pelabuhan Kalimas Tanjung Perak, Jalan Kalimas Baru No 136, Perak Utara, Pabean Cantikan, Surabaya, terbakar, Minggu (17/7/2022) dini hari.
Dua kapal penangkap ikan, yakni KLM Duta Kencana dan KLM Rukun Abadi yang sedang bersandar di dermaga Pelabuhan Kalimas Tanjung Perak, Jalan Kalimas Baru No 136, Perak Utara, Pabean Cantikan, Surabaya, terbakar, Minggu (17/7/2022) dini hari. (Istimewa/TribunJatim.com)

"Diduga korsleting listrik di dalam kapal. Korban nihil," pungkasnya. 

Hal senada juga disampaikan, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto. Pihaknya menduga, penyebab kebakaran karena adanya korsleting pada kelistrikan di bagian belakang kapal. 

Namun, proses penyelidikan secara mendalam, masih akan dilakukan oleh pihak Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, melibatkan Bidang Labfor Polda Jatim. 

"Kemungkinan sementara korsleting kelistrikan kapal," ujarnya saat dikonfirmasi TribunJatim.com, Minggu (17/7/2022). 

Berdasarkan keterangan yang dihimpun penyidik Satreskrim Polres Pelabuhan Perak Surabaya terhadap saksi mata, Ince Tahir, selaku Mualim I KLM Rukun Abadi, sekitar pukul 00.30 WIB, kobaran api diketahui muncul dari bagian belakang KLM Rukun Abadi

Lantaran terlanjur membesar dan tak segera mendapat penanganan secara cepat. Kobaran api yang kian mengamuk itu merembet ke kapal KLM Duta Kencana yang berada di sebelahnya. 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Surabaya

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved