Berita Situbondo

Kompak Bagikan Daging Kurban, Klub Motor CBR dan Vespa Pilih Sasaran Warga Desa Terpencil

Komunitas Motor Klub Motor CBR hingga Vespa di Situbondo kompak membagikan daging kurban kepada masyarakat yang ada di desa terpencil.

Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/istimewa
Klub Motor CBR dan Vespa di Situbondo kompak membagikan daging kurban Hari Raya Idul Adha 2022 kepada masyarakat yang ada di desa terpencil. 

TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO - Dua Komunitas Motor CBR dan Vespa di Situbondo yang tergabung dalam kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) kompak menggelar pembagian daging kurban di dua desa terpencil. Dua komunitas ini sama-sama menggunakan wadah ramah lingkungan sebagai tempat kurban Hari Raya Idul Adha 2022.

Koordinator acara Hena Perdana mengatakan kegiatan ini bertema Kita Berbagi 2022 Bangkit Bersama Menjadi Pemenang. Pada KITA Berbagi 2022 ini, Kolaborasi KITA mengusung konsep Gerakan Ramah Lingkungan. Dimana seluruh komunitas menggunakan wadah nonplastik seperti besek, daun jati, pisang, dan bahan lainnya sebagai tempat daging kurban.

"Untuk wilayah Situbondo ada dua komunitas yang terlibat dari Bold Riders dan Heppiii Community di antaranya CS (CBR Situbondo) dan Heppiii Community Vespasito (Vespa Situbondo). Total ada tiga ekor kambing yang dibagikan ke masyarakat," ujar Hena, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Kampanye Ramah Lingkungan, Bold Riders Tulungagung dan Trenggalek Salurkan Daging Pakai Wadah Besek

Dua komunitas ini kata dia membagikan daging kurban di desa pelosok yang jarak dengan kota puluhan kilometer. Untuk CBR kata dia dibagikan di desa Battal, Panji, Situbondo. Sedangkan Vespasito desa Kotakan Kecamatan Situbondo.

Untuk Vespasito ini pemberian daging kurban ditempatkan di dekat basecamp. Ini dilakukan sebagai wujud kedekatan komunitas dengan warga sekitar.

Program KITA Berbagi 2022 ini serentak dilaksanakan di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing yang dibagikan ke masyarakat.

Pada tahun 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya.

Pada tahun 2021 lalu, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Baca juga: PMI Apresiasi Anak Motor Bold Riders yang Gelar Donor di Bulan Ramadan

Tahun ini kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang dan wadah tamah lingkungan lainnya. Data ini adalah jumlah sementara dan diperkirakan akan terus bertambah dalam sepekan kedepan. (*)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved