Berita Jember

Warga Jember Merana Kesulitan Air Bersih sejak Januari: Semakin ke Sini Makin Habis

Dam Sembah jebol, warga Jember merana kesulitan air bersih: Sejak Januari, makin ke sini, air bersih semakin habis.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Warga Lingkungan Tegalrejo, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Jember, membagikan air dari tandon ke galon warga terdampak krisis air bersih, Selasa (19/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Sejumlah emak-emak menunggui galon-galon air yang tertata di samping bawah sebuah tandon air di Lingkungan Tegalrejo, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Jember, Selasa (19/7/2022).

Mereka meriung di dekat tandon air itu, sementara petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Jember mengisi tandon. Petugas PMI mendistribusikan air bersih ke tandon tersebut dari mobil tangki PMI Jember.

Setelah petugas PMI selesai mengisi tandon air, giliran para perempuan mengisi galon air mereka. Terlihat dua orang perempuan memegang selang air. Mereka mengisi galon air yang diantrekan.

Pemandangan serupa juga terjadi di Gang Jambu Lingkungan Gebang Poreng, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang. Warga di lingkungan ini juga mendapatkan bantuan air bersih dari PMI Jember, Selasa (19/7/2022). Air bersih juga ditempatkan di tandon yang berada di lingkungan mereka.

Sejumlah warga kemudian menyalurkan air bersih dari tandon ke galon air mereka.

Letak kedua tandon tidak terlalu jauh, sekitar 150 meter, namun berbeda lingkungan dan kelurahan. Mereka dipisahkan jalan paving dan saluran air. Tetapi dua lingkungan ini menjadi kawasan terdampak kesulitan air bersih.

Karenanya, ketika mobil tangki air datang, seperti mobil air PMI, warga langsung menyerbu tandon air tersebut.

Warga setempat kesulitan air bersih sudah berjalan memasuki bulan ketujuh.

"Sudah terjadi sejak bulan 1 (Januari) kemarin. Makin ke sini, air bersih semakin habis," ujar Ernita Indah, warga Lingkungan Tegalrejo, Kelurahan Jember Lor, kepada Tribun Jatim Network, Selasa (19/7/2022).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved