Berita Surabaya

Wagub Jatim Apresiasi Kehadiran UMKM Center BSI di Surabaya, Sebut Simbol Kebangkitan UMKM

Langkah BSI terkait telah membuka UMKM Center di Jawa Timur, tepatnya di Kota Pahlawan diapresiasi Wagub Jatim

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Fikri Firmansyah
Hery Gunardi selaku Direktur Utama BSI dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat meresmikan UMKM Center di Surabaya. Kamis (21/7/22). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak mengapresiasi langkah BSI terkait telah membuka UMKM Center di Jawa Timur, tepatnya di Kota Pahlawan, Jalan Kartini no 17 Surabaya.

Menurutnya, di era digital seperti sekarang tetap membutuhkan tempat untuk menjadi simbol kebangkitan UMKM, salah satunya dengan UMKM Center.

Emil menyebut inisiatif BSI ini bisa meningkatkan ekosistem UMKM yang sudah terbentuk di Jawa Timur serta memudahkan mereka yang selama ini kesulitan mendapatkan permodalan untuk berusaha.

“Pembinaan berkelanjutan terhadap UMKM perlu dilakukan dengan melibatkan semua lini sektor, dari lembaga keuangan, pemerintah, regulator, dan sebagainya. Ini adalah sebuah ekosistem yang saya yakin menjadi sangat penting, sehingga inklusi keuangan bisa meningkat di Jawa Timur.

Baca juga: BSI Siap Layani Lebih dari 80 Persen Jamaah Haji dari 13 Embarkasi di Indonesia

Semoga setelah tempat dan simbol ini ada, kita semua bisa berkontribusi untuk menghidupkan tempat ini, sehingga kita bisa semakin memajukan UMKM di Jawa Timur,” ungkap Emil saat memberikan sambutan diacara peresmian UMKM Center BSI di Surabaya. Kamis (21/7/22).

Di Kota Surabaya sendiri, lanjut Emil, berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM yang telah mendapatkan rekomendasi dari BPS Provinsi Jawa Timur, kontribusi Koperasi dan UMKM terhadap PDRB atau perekonomian Jawa Timur pada tahun 2021 mencapai 57,81 persen atau setara dengan Rp1.418,94 trilliun.

Di sisi lain, kontribusi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se-Jawa Timur untuk Produk Domestik Bruto (PDB) juga cukup besar. Selama 2021 hingga 2022, kontribusi UMKM tercatat mencapai 57,25 % dan mampu menyerap 97 % tenaga kerja se-Jawa Timur

“Jadi bisa dibayangkan jumlah UMKM yang ada di Jawa Timur, bila dipadukan dengan potensi bantuan pengembangan dari BSI dan impact-nya untuk kemaslahatan masyarakat Surabaya.

Karena itulah hari ini kita berkumpul di sini meresmikan UMKM Center sebagai salah satu bentuk dukungan BSI untuk pengembangan UMKM di Surabaya,” paparnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved