Berita Jember

Baru Selesai Dibangun Jalan di Jember Malah Mengelupas, DPRD Sebut Ada 14 Titik

Sejumlah ruas jalan yang baru selesai dibangun di Jember malah rusak. Total ada 14 titik. Apa penyebabnya?

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sri Wahyunik
Anggota DPRD Jember Hadi Supaat menunjukkan jalan baru selesai diperbaiki sudah rusak di Kecamatan Umbulsari 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Komisi C DPRD Jember menemukan sejumlah ruas jalan baru selesai dibangun di Bulan Juni dan Juli ini sudah rusak. Kerusakan itu antara lain berupa aspal mengelupas, retak, dan bergeser.

Komisi C menemukan di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Umbulsari, Ambulu, Wuluhan, Kencong, Sumberjambe, juga Jelbuk.

Ketua Komisi C DPRD Jember Budi Wicaksono menyebut ada belasan titik jalan baru dibangun yang mengalami kerusakan. "Ada di banyak tempat, sekitar 14-an titik. Seperti kami temukan di Kecamatan Sumberjambe," ujar Budi, Rabu (27/7/2022).

Menurutnya, ada sejumlah penyebab jalan baru selesai diperbaiki itu rusak. "Satu di antaranya banyaknya kendaraan berat melintas. Bahkan truk yang ODOL (over dimension over loading). Ini perlu pengawasan ekstra, termasuk kebijakan dari OPD terkait," tegas Budi.

Hal senada diakui oleh anggota Komisi C Hadi Supaat. Dia menemukan jalan baru diperbaiki sudah rusak, antara lain di Kecamatan Jelbuk.

"Ada yang bergeser, atau mbleber, juga mengelupas. Seperti di Jelbuk itu ada banyak," ujar Hadi. Dia menemukan sekitar 10 titik di Kecamatan Jelbuk.

Baca juga: Janji Bupati Malang Bakal Perbaiki Jalan Rusak di Desa Pujiharjo: Tahun Ini Dapat Anggaran

Selain faktor angkutan berat, Hadi menambahkan, sejumlah ruas jalan baru tidak dilengkapi penguat tepian aspal. Hal itu membuat aspal baru bergeser, sehingga rusak.

"Harusnya di tepian aspal itu diberi ruas penguat," imbuhnya. Hal itu nantinya diharapkan mampu memperpanjang usia aspal jalan.

Temuan Komisi C dan sejumlah anggota dewan itu dituangkan juga melalui forum resmi rapat paripurna DPRD Jember oleh sejumlah fraksi.

Atas temuan dan kritik dari anggota dewan itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengakui pihaknya juga menerima pengaduan dari sejumlah warga perihal jalan baru tapi sudah mengelupas tersebut. Dia menegaskan, untuk kualitas pekerjaan proyek selalu diawasi oleh konsultan pengawas maupun tim teknis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved