Berita Kabupaten Kediri

Berawal dari Hobi, Pria di Kediri Bisa Raup Untung Puluhan Juta Rupiah dari Breeding Kucing Ras

Berawal dari hobi, pria asal Kediri kini bisa meraup untung puluhan juta rupiah dari breeding kucing ras dan jasa pacak kucing.

Penulis: Melia Luthfi Husnika | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Melia Luthfi
John Ruby dan sang istri saat memberi makan kucing-kucing ras di lokasi breeding miliknya yang terletak di kawasan Ketami, Pesantren, Kediri, Senin (8/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Berawal dari hobi, Rubianto atau yang akrab disapa John Ruby kini menjadi breeder kucing ras.

Pria asal Kediri kelahiran tahun 1979 ini menggeluti bisnis di bidang breeding kucing ras sejak 2018 lalu. Tak hanya breeding, John Ruby juga membuka jasa pacak kucing dengan berbagai ras.

Mulanya, John Ruby memelihara kucing karena sang istri mengeluh di rumahnya banyak tikus. Ia kemudian mengadopsi seekor kucing domestik dari Tangerang di awal 2018.

Melihat tingkah si kucing, John Ruby yang sedari kecil menyukai hewan berbulu ini tertarik untuk memelihara kucing jenis lain, yakni ras persia.

Ia kemudian mengadopsi kucing jantan persia dan dipeliharanya sendiri. Karena kala itu jasa pacak atau jasa mengawinkan kucing ras masih terbilang jarang, ia lalu mencoba membuka jasa di bidang itu.

"Awalnya hobi juga, hanya pelihara satu kucing ras yaitu persian peaknose, untuk peliharaan pribadi dan diliarkan juga. Kemudian ada teman yang menyarankan kenapa tidak buka jasa pajak kucing ras. Karena selain masih jarang, juga bisa mendatangkan keuntungan," kata John Ruby saat ditemui di rumahnya, Senin (8/8/2022).

John Ruby kemudian mencoba saran yang diberikan oleh temannya, dan ternyata banyak peminat jasa pacak kucing. Dari yang awalnya hanya satu pejantan, bertambah menjadi dua, tiga dan seterusnya. Kini ia memiliki beberapa pejantan untuk jasa pacak.

Untuk satu kali jasa pacak atau mengawinkan kucing, John Ruby mengenakan tarif mulai dari Rp 200 ribu-Rp 1 juta, tergantung dari jenis kucing yang dipacak.

Tak hanya persian peaknose, sekarang John Ruby memiliki beberapa kucing pejantan seperti ras scottish fold, british short hair, hingga BSH munchkin atau cebol.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved