Berita Kabupaten Madiun

Lomba Hias Gapura Berbahan Bambu Jadi Cara Warga Madiun Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77

Lomba hias gapura berbahan bambu jadi cara warga Desa Sirapan Madiun menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77. Bangkitkan kembali kebersamaan antarwarga.

TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra
Warga Desa Sirapan, Kecamatan/Kabupaten Madiun, menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 dengan menghias gapura desa beramai-ramai, Rabu (10/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Warga Desa Sirapan, Kecamatan/Kabupaten Madiun, menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 dengan menghias gapura desa beramai-ramai, Rabu (10/8/2022).

Para pemuda dan bapak-bapak gotong royong memotong bambu, lalu merangkaikannya menjadi bentuk gapura, hingga mengecat dan menghiasnya sesuai tema kemerdekaan Indonesia ke-77.

Kepala Desa Sirapan, Suwito mengatakan, untuk membangkitkan semangat kemerdekaan Indonesia, pihaknya menggelar lomba hias gapura.

"Lomba hias gapura ini juga untuk membangkitkan kembali kebersamaan antarwarga RT di desa ini setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19 tidak ada kegiatan apa-apa," kata Suwito, Rabu (10/8/2022).

Lomba hias gapura yang diikuti 18 RT di Desa Sirapan tersebut harus menggunakan bahan dasar bambu.

"Kita sengaja menggunakan bambu karena lebih estetik, klasik, dan tidak memakan biaya banyak," jelasnya.

Menurut Suwito, lomba hias gapura ini baru pertama kalinya digelar di Desa Sirapan, sehingga warga dan pemuda sangat antusias.

Sementara itu, perwakilan pemuda setempat, Bayu Setiono mengatakan, lomba hias gapura digelar bertujuan untuk memupuk gotong royong warga desa.

"Kita pilih menggunakan bambu karena Desa Sirapan memiliki tanaman bambu yang cukup banyak, sehingga dituntut berkreasi sekreatif mungkin menggunakan bambu ini," jelas Bayu.

Untuk hadiahnya, bagi RT yang memperoleh juara 1 mendapatkan hadiah Rp 1 juta, juara 2 Rp 500 ribu, dan juara 3 mendapatkan Rp 300 ribu.

"Penilaiannya kita hadirkan juri yang berkompeten di kesenian bambu, yaitu Pokdarwis Kabupaten Madiun," ucap Bayu.

"Kriterianya nanti kita diskusikan dengan juri, bukan hanya megah atau unik saja, tapi kita susun secara objektif," pungkasnya. 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Madiun

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved