Berita Madura

TKI Ilegal di Sampang Madura Membludak, Kecamatan Sokobanah Mendominasi Capai Ribuan Orang

Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sampang, Madura yang berstatus ilegal cukup tinggi, Rabu (10/8/2022).

Penulis: Hanggara Syahputra | Editor: Ndaru Wijayanto
tribunjatim/hanggara
Plt Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja DPMPTSP dan Naker Sampang Agus Sumarso. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hanggara Pratama

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sampang, Madura yang berstatus ilegal cukup tinggi, Rabu (10/8/2022). TKI Ilegal asal Sampang ini sekaligus menjadi sorotan oleh pemerintah daerah.

Berdasarkan data dari Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) setempat ada sekitar 4.449 TKI asal Sampang pergi ke negara rantau melalui jalur non prosedur.

Hal itu diketahui saat pemerintah daerah melakukan penjemputan secara besar-besaran pada 2021 kemarin akibat pandemi Covid-19.

"Kemungkinan juga banyak TKI yang pulang secara mandiri jadi tidak terdata," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Tenaga Kerja DPMPTSP dan Naker Sampang, Agus Sumarso.

Menurutnya, ribuan TKI tersebut tersebar di 14 kecamatan se Kabupaten Sampang, namun mayoritas berasal dari Kecamatan Sokobanah mencapai 1.000 orang.

Baca juga: Mengadu Nasib ke Luar Negeri, Puluhan Calon TKI asal Blitar Belum Tahu Pasti Kapan Diberangkatkan

"Untuk kecamatan yang minim TKI ilegal seperti Kecamatan Torjun, Jrengik, Pengarengan, dan Kecamatan Sampang, hanya ada puluhan orang," tandasnya.

Di sisi lain, menanggapi banyaknya angka TKI ilegal yang membludak, Agus Sumarso mengaku telah menjalin komunikasi dengan baik untuk membentuk kemistri.

"Alhamdulillah, sejauh ini warga yang sebelumnya berangkat ilegal, akhirnya mau untuk berangkat secara prosedur tapi untuk jumlah dan nama-namanya saya lupa," pungkasnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved