Berita Surabaya

Stadion GBT Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala AFC U-20, Bagaimana dengan Piala Dunia U-20?

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan menjadi lokasi ajang kualifikasi Piala AFC U-20 2023 pada 14 - 18 September 2022.

Pemkot Surabaya
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri acara Kejuaraan Soeratin 2022 U-13 dan U-15, di Gelora Bung Tomo (GBT), Rabu lalu (24/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan menjadi lokasi ajang kualifikasi Piala AFC U-20 2023 pada 14 - 18 September 2022.

Berada di Grup F, Timnas Indonesia U-20, akan berada satu grup dengan Hongkong, Vietnam dan Timor Leste.

Pemkot Surabaya pun terus melakukan pembenahan. "Kami sudah menerima surat resmi dari FIFA dan PSSI, GBT dipakai pertandingan Piala AFC pada 14 September 2022 nanti," kata Wali Kota Eri Cahyadi, Jumat (26/8/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi menjelaskan beberapa persiapan yang telah diterapkan di GBT. Di antaranya akses jalan, tempat peliputan wartawan, tribun penonton dan fasilitas penunjang lainnya.

Standar persiapan sesuai dengan prosedur pertandingan Piala Dunia. "Kami menerapkan syarat - syarat yang ada di Piala Dunia. Setelah Piala AFC selesai, Stadion GBT sudah berkapasitas dan standarnya internasional," kata Cak Eri.

Selain kualifikasi Piala AFC U-20, persiapan Pemkot juga terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan tahun depan.

Pemkot masih cukup optimistis Kota Pahlawan menjadi salah satu tuan rumah ajang internasional tersebut. ”Kami juga terus lakukan persiapan Piala Dunia tahun depan,” katanya.

"Untuk pertandingan AFC, insyaallah jalan menuju ke GBT tidak hanya ada satu titik. Akan tetapi juga kita buatkan titik lainnya agar lebih mudah aksesnya," imbuhnya. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudporapar) Surabaya, Wiwiek Widayati menjelaskan Stadion GBT telah siap menyelenggarakan even internasional.

Wiwiek menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan tempat pertandingan, lapangan untuk latihan, perawatan gedung stadion, pemeliharaan rumput, hingga tribun penonton.

"Sarana dan prasarana sudah kita sesuaikan dengan ketentuan AFC. Ada beberapa item - item yang menjadi kelengkapan untuk AFC juga sudah kami sediakan," jelas Wiwiek dikonfirmasi terpisah.

Wiwiek menyebutkan, perawatan gedung Stadion GBT juga telah dilakukan. Bukan hanya gedung Stadion GBT, namun juga stadion lainnya yang nantinya akan digunakan sebagai tempat latihan. Di antaranya, Gelora 10 November Tambaksari.

"Pertandingannya di Stadion GBT, sedangkan untuk latihannya kami sediakan di Stadion Gelora 10 November dan Stadion Gelora Pancasila. Kita harapkan pada pelaksanaan AFC U-20 2023 mendatang sudah siap dan maksimal," sebut Wiwiek.

Wiwiek menambahkan, perawatan stadion yang dikelola oleh Pemkot Surabaya tidak hanya ketika ada kegiatan atau event olahraga saja.

Akan tetapi, perawatan stadion itu terus dilakukan secara berkala, bahkan Disbudparpora juga disupport visi oleh tenaga ahli yang berkompeten di bidang rumput.

"Nanti juga ada support visi dari tim PSSI turut turun tangan untuk mempersiapkan pertandingan AFC di Stadion GBT," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved