Berita Probolinggo

Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Pemkot Probolinggo Lakukan Upaya Pencegahan Penularan

Kasus konfirmasi cacar monyet ditemukan di Jakarta, Pemkot Probolinggo melakukan upaya pencegahan penularan. Warga perlu meningkatkan kewaspadaan.

Penulis: Danendra Kusuma | Editor: Dwi Prastika
Medical Express
Ilustrasi cacar monyet - Setelah ditemukannya satu kasus konfirmasi cacar monyet di Jakarta beberapa waktu lalu, Pemkot Probolinggo mulai melakukan upaya pencegahan penularan cacar monyet.  

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Danendra Kusuma

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Setelah ditemukannya satu kasus konfirmasi cacar monyet di Jakarta beberapa waktu lalu, Pemkot Probolinggo mulai melakukan upaya pencegahan penularan cacar monyet

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kota Probolinggo, dr Nurul Hasanah Hidayati mengatakan, upaya pencegahan tersebut dilakukan melalui sosialisasi. 

Sosialisasi tak hanya dilaksanakan kepada masyarakat, melainkan juga para tenaga kesehatan (nakes). 

"Sosialisasi tersebut terkait penyakit cacar monyet dan penanganannya," kata Ida, sapaan akrab dr Nurul Hasanah Hidayati, Selasa (30/8/2022). 

Kendati hanya ditemukan di Jakarta, lanjut Ida, warga perlu meningkatkan kewaspadaan penularan cacar monyet

Pihaknya akan melakukan identifikasi ada maupun tidaknya kasus yang diduga, terkonfirmasi dan kontak erat dengan kasus konfirmasi. 

"Laporan yang bersumber dari masyarakat mengenai cacar monyet pun akan diidentifikasi," paparnya. 

Ia menyebut, tidak semua pelaku perjalanan yang datang dari ibu kota ke Kota Probolinggo dilakukan pemeriksaan kesehatan. 

Saat ini yang diperhatikan adalah kasus yang mempunyai riwayat perjalanan dari negara endemis, melalui penguatan pemeriksaan di pintu masuk negara. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved