6 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Payroll Serta Rekomendasinya

Inilah 6 keuntungan utama yang perlu dipertimbangkan dan dapat dirasakan saat menggunakan aplikasi payroll.

Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Talenta by Mekari. Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia, 2022. 

TRIBUNJATIM.COM - Di era teknologi yang semakin canggih seperti saat ini, semakin banyak teknologi baru bermunculan. Inovasi di bidang teknologi tersebut melahirkan banyak aplikasi canggih yang dapat membantu segala urusan dan pekerjaan manusia. Aplikasi yang dihasilkan terbukti mampu membuat pekerjaan manusia menjadi lebih efisien, efektif dan terdigitalisasi.

Salah satu aplikasi yang merupakan hasil inovasi dari perkembangan teknologi dewasa ini adalah perangkat lunak absensi yang digunakan di sebuah perusahaan dalam mendata absensi, kinerja, dan hal administrasi lainnya.

Seperti halnya penggunaan software perkantoran lainnya, semisal software absensi online, penggunaan software untuk payroll alias payroll secara online akan sangat menguntungkan perusahaan. Cepat dan praktis, software tersebut juga membuat pengumpulan semua data yang berkaitan dengan penggajian jadi lebih mudah bagi personel bagian personalia atau HR.

Pengelolaan payroll secara in-house atau manual barangkali masih dipilih oleh beberapa perusahaan yang ukurannya lebih kecil dan punya sedikit karyawan. Akan tetapi, coba bayangkan jika perusahaan dengan total karyawan yang mencapai ratusan atau bahkan ribuan masih harus menggunakan metode penggajian manual!

Pasti repot, makan banyak waktu dan biaya, serta lamban, bukan? Dan besar kemungkinan terjadi kekeliruan yang bisa mengakibatkan keterlambatan pembayaran gaji, yang pasti merugikan karyawan maupun perusahaan.

Aplikasi Payroll di Indonesia

Aplikasi payroll adalah merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pengoperasian sebuah bisnis. Gaji atau upah karyawan yang adil serta bonus lainnya yang didapat dari bekerja pada perusahaan memang sangat krusial. Ada beberapa hal penting yang harus dipahami tentang aplikasi payroll. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Hal pertama yang harus dipahami adalah mengetahui hak-hak dasar karyawan apa saja yang akan diterima. Hak-hak tersebut meliputi waktu kerja, upah, jaminan perlindungan sosial, cuti, tunjangan, dan upah lembur.

2. Insentif merupakan upah yang didapatkan karyawan sebagai bentuk penghargaan, di luar dari upah wajib atau upah yang biasanya diterima. Insentif akan diberikan sesuai dengan performa setiap karyawan.

3. Jaminan perlindungan sosial (BPJS Ketenagakerjaan) akan diberikan kepada karyawan selama bekerja di perusahaan dan juga pada saat pensiun. Asuransi jiwa juga termasuk di dalamnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved