Berita Viral

Apa Itu SKCK? Trending di Twitter Gegara Calon Anggota DPR 2024 Tak Wajib Punya untuk Daftar ke KPU

Pengertian tentang SKCK, trending di Twitter gegara syarat pendaftaran anggota DPR tak perlu punya Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Editor: Hefty Suud
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi - Kabar calon anggota DPR 2024 tak wajib punya surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) saat mendaftar ke KPU ramai diperbincnagkan. SKCK trending di Twitter. 

TRIBUNJATIM.COM - SKCK trending di Twitter hari ini, Rabu (7/9/2022).

Hal ini lantaran beredar kabar calon anggota DPR 2024 tak wajib punya Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) saat mendaftar ke KPU.

Pasalnya dalam UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu, calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hanya perlu menyertakan surat keterangan dari lembaga pemasyarakatan jika pernah dipenjara.

"Surat keterangan dari lembaga pemasyarakatan bagi calon yang pernah dijatuhi pidana," mengutip Pasal 240 Ayat (2) huruf c UU Pemilu.

Hal ini pun ramai jadi sorotan warganet alias netizen.

Banyak yang membandingkan, syarat pendaftaran anggota DPR itu dengan syarat melamar kerja level anak SMA/K.

Lantas Tribunners sudah tahukah apa itu SKCK?

Berikut ini pengertian Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), beserta persyaratan, tata cara hingga biaya pembuatannya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Apa itu SKCK

SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan.

Pembuatan SKCK dapat dilakukan secara offline dengan cara mendaftar secara langsung di loket pelayanan SKCK di setiap kantor polisi dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi formulir yang telah disiapkan oleh petugas.

Selain itu, pembuatan dapat dilakukan secara online dengan cara mengunggah dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi form yang tersedia di laman resmi skck.polri.go.id.

Adapun masa berlaku SKCK yakni hingga enam bulan sejak tanggal diterbitkan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved