Dampak Harga BBM Naik

Pengamat Ekonomi Sebut Kebijakan Mas Dhito Tepat Atasi Dampak Kenaikan Harga BBM di Kediri

Pengamat ekonomi menyebut kebijakan Bupati Kediri Mas Dhito sudah tepat untuk mengatasi dampak kenaikan harga BBM.

Penulis: Melia Luthfi Husnika | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Pemkab Kediri
Antrean warga Kabupaten Kediri di SPBU, Rabu (7/9/2022). Pengamat ekonomi menyebut kebijakan Bupaati Kediri Mas Dhito sudah tepat untuk mengatasi dampak kenaikan harga BBM. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Meski terjadi kenaikan harga BBM, perekonomian di Kabupaten Kediri diprediksi akan tetap stabil.

Faktor yang berpengaruh besar terhadap kestabilan ekonomi di Bumi Panjalu adalah kebijakan penyaluran subsidi, dan kuatnya UMKM yang dibangun oleh Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana.

Hal ini disampaikan oleh pengamat ekonomi sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Pawyatan Daha Kediri, Sri Utami Hanggondosari. 

Menurutnya, fondasi UMKM di Kabupaten Kediri cukup kuat, sehingga perputaran ekonomi dalam sektor ini tetap terjaga, yang kemudian akan berpengaruh langsung terhadap kesejahteraan masyarakat. 

“Di Kabupaten Kediri tidak terlalu berdampak secara fluktuasi seperti di daerah lain. Karena perekonomian rakyat sudah cukup kuat melalui UMKM,” tutur Sri Utami, Rabu (7/9/2022). 

Kuatnya UMKM ini, kata Sri Utami, dapat dilihat dari bagaimana bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu terjun langsung mengawal kemajuan UMKM di wilayahnya.

Kemudian sentra dan garasi UMKM yang telah dibangun oleh bupati muda tersebut juga dinilai dapat memperkuat sektor UMKM.  

Sehingga dengan penguatan tersebut, imbas dari kenaikan harga BBM ini tidak terlalu signifikan terhadap perekonomian di Kabupaten Kediri, meski harga bahan pokok juga terkerek. 

Dia juga menambahkan, kebijakan yang diambil oleh Mas Dhito dengan memberikan subsidi terhadap transportasi yang mengangkut bahan pokok serta bantuan langsung tunai (BLT) yang akan diberikan kepada 91 ribu penerima manfaat ini dirasa tepat sasaran. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved