Berita Malang

ITN Malang Sambut 800 Maba, Rektor Ingin Mahasiswa Belajar dan Berhasil

ITN Malang menyambut kedatangan mahasiswa baru (maba) lewat kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) mulai Senin (12/9/2022)

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sylvianita Widyawati
Rektor ITN Malang secara simbolis memakaikan jas almamater pada mahasiswa baru saat pembukaan PKKBM, Senin (12/9/2022). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sylvianita Widyawati

TRIBUNJATIM.COM, MALANG-ITN Malang menyambut kedatangan Mahasiswa Baru (Maba) lewat kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) mulai Senin (12/9/2022).

Pada tahun akademik 2022/2023 ada sebanyak 800 mahasiswa yang diterima. Mereka dari berbagai daerah. Terbanyak dari Jawa Timur, lalu NTT, NTB dan Kalimantan.

"Kami berharap maba belajar dan bisa berhasil tepat empat tahun. Tapi dari berbagai pengalaman, banyak yang lulus tujuh semester. Harapan saya, kelak lulusan ITN tidak hanya mencari pekerjaan tapi juga menciptakan pekerjaan," jelas Rektor ITN Malang Prof Dr Eng Ir Abraham Lomi MSEE pada wartawan di sela kegiatan.

Dalam seremonial penyambutan maba, ada proses pemakaian simbolis jas almamater di panggung. Salah satunya pada Fath Ramdhana Syarifuddin. Ia maba S1 Teknik Mesin. "Saya masuk ke ITN atas saran saudara saat saya menanyakan dimana untuk kuliah teknologi," jelas mahasiswa dari Probolinggo itu. Alumnus SMA di Kabupaten Sidoarjo itu akhirnya mendaftar ke ITN.

"Mengapa saya memilih prodi Teknik Mesin karena saya memiliki passion disana," ungkap Fath yang baru datang ke Malang pekan lalu. Ia sudah betah tinggal di Malang karena suasana dan hawanya. "Hawanya sejuk," kata dia. Dikatakan Rektor, ia melihat ada keberanian dari mahasiswa berbagai daerah datang ke Malang.

"Memang masih ada trauma pandemi Covid 19 di daerahnya masing-masing. Sehingga untuk kuliah di Malang perlu keberanian karena khawatir nanti kuliahnya daring," kata Lomi. Karena itu maba bisa mengikuti PKKMB yang akan dilangsungkan selama lima hari mendatang.

Baca juga: Kukuhkan Mahasiswa Baru UNP, Mas Abu: Jalan Tol dan Bandara Kediri Akan Munculkan Banyak Peluang

Dikatakan, perkuliahan di ITN sudah luring penuh sejak semester lalu dan dilanjutkan pada semester ganjil ini. Sementara itu pilihan prodi maba ada yang difavoritkan seperti Informatika, Teknik Mesin, Arsitektur, Teknik Sipil. Meski, lanjutnya, juga sudah diarahkan pada prodi lain tapi ada kecenderungan pada prodi itu.

Kegiatan PKKMB dilakukan semua di kampus. Baik di kampus 1 dan 2. Menurut Lomi, berbagai informasi terkait kampus disampaikan pada maba agar tidak ketinggalan informasi. Misalkan soal capaian IPK harus berapa, daftar ulang, cuti dll. Tujuannya agar jangan sampai karena kekurangan informasi mengalami kesulitan dalam kuliah.

Tes BNN

Materi di PKKMB beragam. Termasuk mengenalkan fasilitas di ITN. Juga mengundang pemateri dari eksternal termasuk dari Polresta Malang dan BNN. Dikatakan, setiap tahunnya ada tes narkoba dari BNN. "Kami akan random melakukan tes pada 30 mahasiswa baru," jelas Rektor. Tujuannya bahwa mahasiswa ITN Malang bebas narkoba.

Dari Polresta Malang menyajikan tema antikorupsi dan radikalisme. Ini juga membicarakan soal keamanan di Kota Malang. Sebab ada ratusan ribu maba datang ke Malang dan memutar dana cukup banyak. Maka perlu diimbangi keamanan. Sedang dari BNN juga menyampaikan informasi tentang narkoba yang berbahaya.

Ditambahkan WR 3 ITN Malang Ir Fourry Handoko ST SS MT PhD PU menambahkan kegiatan bela negara diadakan di kampus dengan mengundang pelatih dari Anjendam pada Rabu dan Kamis. Juga ada Expo UKM yang bisa memberikan infomasi pada maba tentang pilihan UKM di ITN.

"Ada 24 UKM di ITN," jelas Fourry. Khusus pada Selasa (13/9/2022), maba memakai baju adat daerahnya masing-masing. Ini menunjukkan keberagaman di ITN Malang dan diberi kesempatan yang sama. Sylvianita Widyawati


Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved