Breaking News:

Berita Bojonegoro

BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro Lindungi Pekerja Rentan Petugas Penjaga Pintu Rel Kereta Api

BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro melindungi para pekerja rentan petugas penjaga pintu rel kereta api. Didaftarkan PT Harang Bumi Energi.

Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro melindungi para pekerja rentan petugas penjaga pintu rel kereta api, Rabu (14/9/2022). 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Petugas penjaga pintu rel kereta api merupakan pekerjaan yang memiliki risiko pekerjaan yang tinggi, bahkan waktu kerja hingga 24 jam. Hal ini yang menjadi perhatian PT Harang Bumi Energi memberikan dana CSR-nya kepada 61 petugas penjaga rel kereta api di bawah naungan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro.

Seluruh petugas penjaga pintu rel kereta api se-Kabupaten Bojonegoro terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, yang kepesertaannya didaftarkan PT Harang Bumi Energi melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran).

Seluruh petugas penjaga pintu rel kereta api se-Kabupaten Bojonegoro telah terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan. Mereka telah didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Bojonegoro sebanyak dua program, Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan petugas penjaga pintu rel kereta api ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada 2 orang yang mewakili mereka.

Kartu kepesertaan tersebut diserahkan Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah dengan didampingi Kepala BPJAMSOSTEK Bojonegoro, Iman M Amin, di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro, Rabu (14/9/2022).

Sekda Bojonegoro berharap BPJAMSOSTEK Bojonegoro bersinergi kepada semua pihak untuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, karena manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan sangat berarti bagi peserta yang terdampak risiko.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro, Iman M Amin menjelaskan, program GN Lingkaran ditujukan untuk membantu perlindungan pekerja rentan melalui donasi pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan dari dana TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) perusahaan.

"Saya mengapresiasi PT Harang Bumi Energi, karena sudah peduli menyisihkan dana CSR (Corporate Sosial Responsibility) untuk memberikan perlindungan pekerja rentan di Kabupaten Bojonegoro," kata Iman.

Dijelaskan, pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) sebagian tergolong rentan yang penghasilannya hanya cukup untuk kebutuhan makan sehari-hari. Karena itu, BPJAMSOSTEK hadir memberikan sistem yang mempertemukan donatur dan pekerja rentan melalui program GN Lingkaran.

Iman berharap program GN Lingkaran juga diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan lain di Bojonegoro dengan memberikan dana CSR-nya untuk perlindungan jaminan sosial bagi pekerja rentan di lingkungannya. Perlindungan bagi mereka berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), yang preminya sebesar Rp 16.800,- per orang/bulan.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki misi melindungi, melayani dan mensejahterakan pekerja dan keluarganya. Dengan program dasar perlindungan itu, jika pekerja yang didaftarkan mengalami kecelakaan kerja, seluruh biaya pengobatan dan perawatan medis ditanggung penuh tanpa batas oleh BPJAMSOSTEK. Juga, diberikan uang pengganti Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB).

Jika kecelakaan kerja mengakibatkan peserta meninggal dunia, santunan JKK Meninggal untuk ahli warisnya 48 x upah, dan jika meninggalnya tidak ada hubungan dengan pekerjaan, santunan JKM untuk ahli warisnya Rp 42 juta.

Iman menambahkan, jumlah kepesertaan BPJAMSOSTEK Bojonegoro untuk tenaga kerja formal (PU) sebanyak 51.851 dan informal (BPU) 5.099 peserta, serta klaim yang telah dibayarkan sampai dengan 9 September 2022 sebesar Rp 67.177.644.160 dari lima manfaat program yang telah dibayarkan.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved