Hacker Bjorka

Pemuda Madiun Terduga Hacker Bjorka Berstatus Saksi, Tim Terpadu Terus Dalami Keterlibatannya

Pemuda asal Madiun terduga sosok hacker Bjorka masih berstatus saksi, tim terpadu terus dalami keterlibatannya dalam peretasan.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com
kolase foto akun twitter hacker Bjorka dan suasana saat sejumlah mobil keluar masuk di Mapolsek Dagangan Rabu (14/9/2022) malam. Pemuda asal Madiun terduga sosok hacker Bjorka masih berstatus saksi, tim terpadu terus dalami keterlibatannya dalam peretasan. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mabes Polri masih melakukan penyelidikan dan pendalaman terhadap pemuda berinisial MAH (21) asal Kabupaten Madiun, Jawa Timur, yang diduga hacker Bjorka

Penyelidikan dilakukan oleh Tim Terpadu antara Polri, dalam hal ini Dittipidsiber Bareskrim Mabes Polri, dengan sejumlah instansi kementerian terkait  . 

Seperti Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Badan Intelejen Negara (BIN), Badan Siber Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). 

Proses penyelidikan secara mendalam terus dilakukan setelah mengamankan MAH di kediamannya, Dusun Mawatsari, Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun

Sekitar pukul 18.30 WIB, MAH diketahui telah dibawa ke Mapolsek Dagangan Polres Madiun.

Penangkapan terhadap MAH, dibenarkan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. 

"Untuk yang di Madiun sedang didalami terkait menyangkut masalah yang bersangkutan. Semua tim masih bekerja, semuanya timsus," ujar mantan Kabag Bin Polwil Madura Polda Jatim itu, di Mabes Polri, Jakarta, dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Namun, mantan Kapolres Lumajang itu menegaskan, pihaknya belum menyimpulkan sosok MAH sebagai aktor utama dari aktivitas peretasan (hacking), pseudonim Bjorka

Para petugas yang tergabung dalam tim terpadu masih melakukan pendalaman terhadap sosok MAH yang hingga kini masih berstatus sebagai saksi. 

"Belum. Belum disimpulkan (dia Bjorka) seperti itu, karena masih didalami timsus, saya tidak berkompeten menjelaskan sebelum timsus nanti telah selesai bekerja,” pungkas mantan Kasat Reserse Kriminal Polwiltabes Surabaya itu. 

Sementara itu, Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Farman tidak menampik adanya informasi mengenai upaya penegakan hukum, hingga pengamanan terhadap sosok tersebut di wilayah Jatim. 

Baca juga: Polisi Amankan Pemuda Madiun yang Diduga Hacker Bjorka, Sang Ibu Ungkap Keseharian Anak

Hanya saja, ia memastikan, upaya pengamanan tersebut, tidak dilakukan oleh personelnya dari anggota Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim

"Kami (Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim) tidak tangani. Kemungkinan dari Mabes (Polri)," ujar mantan Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya itu, saat dikonfirmasi TribunJatim.com

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved