Berita Surabaya

Marak Kasus Pencurian, Mahasiswa Undika Bikin Meja yang Aman Simpan Barang, Berteknologi RFID

Mahasiswa S1 Prodi Desain Produk Universitas Dinamika, Yonathan Christiaji Pratama berhasil mendesain sebuah meja minimalis bagi para pekerja yang dil

Penulis: Zainal Arif | Editor: Ndaru Wijayanto
Undika
Mahasiswa S1 Prodi Desain Produk Universitas Dinamika, Yonathan Christiaji Pratama menunjukkan karya desain meja minimalis miliknya yang ditujukan untuk para pekerja merasa lebih aman menyimpan barang-barang penting karena dilengkapi oleh teknologi RFID, Jumat (16/9/2022) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Zainal Arif

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mahasiswa S1 Prodi Desain Produk Universitas Dinamika, Yonathan Christiaji Pratama berhasil mendesain sebuah meja minimalis bagi para pekerja yang dilengkapi oleh teknologi RFID.

Terdiri dari satu meja utama dan satu meja pendamping, karya Tugas Akhir dari mahasiswa angkatan 2018 ini membuat pemilik meja merasa lebih aman untuk menyimpan barang-barang penting di meja kerjanya.

Kerena dilengkapi teknologi yang mampu menjaga privasi dan keamanan meja kerja.

“Sebelumnya saya pernah membaca berita kasus kemalingan laptop dan uang di loker meja kantor sebuah perusahaan, dari situ harusnya kan bisa diantisipasi dengan pemanfaatan teknologi RFID. Jadi saya buat meja custom dengan itu (RFID),” ujar Yonathan kepada Tribun Jatim Network, Jumat (16/9/2022).

Memiliki tinggi 75cm dengan panjang 1,5 m dan lebar 70 cm, meja ini menggunakan bahan playwood dan alumunium sebagai rangka serta difinishing dengan menggunakan kayu HPL.

Baca juga: Rumah Makan di Malang Disatroni Maling, Uang Belasan Juta Rupiah untuk Anak Yatim dan Masjid Raib

“Jadi untuk menggunakan meja ini, pemilik bisa langsung menempelkan kartu RFID ke loker yang sudah dipasang teknologi tersebut, maka loker akan terbuka secara otomatis,” ungkap Yonathan menerangkan cara RFID Secure Desk ini. 

Mahasiswa yang pernah menjabat sebagai Wakil HIMA Despro Undika ini menuturkan, dalam proses pembuatan RFID Secure Desk ia dibantu oleh sang ayah.

“Karena memang keluarga ada usaha furniture home appliance custom,” terang Yonathan. 

Dalam proses pembuatannya, Yonathan memerlukan waktu sekitar tiga bulan untuk membuat desain meja yang minimalis dan multifungsi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved