Berita Jatim

Gubernur Jatim Akan Siapkan Strategi Penganggaran Pengadaan Mobil Listrik: Semoga Jadi Amal Jariyah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa Pemprov Jawa Timur akan segera menyiapkan anggaran untuk pengadaan mobil listrik.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Januar
Tribun Jatim Network/Rifki Edgar
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bicara soal mobil listrik 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh


TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa Pemprov Jawa Timur akan segera menyiapkan anggaran untuk pengadaan mobil listrik.

Hal itu dipastikan Khofifah gelah Presiden RI Joko Widodo telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 7 Tahun 2022 terkait percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai di instansi pemerintah pusat maupun daerah.

Menurutnya, Pemprov Jawa Timur siap melaksanakan instruksi tersebut dan Inpres tersebut telah selaras dengan upaya menyelamatkan lingkungan dengan penggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

"Intinya kami siap. Selama ini kami memang sudah coba mengidentifikasi. Dan dengan adanya inpres ini kami siap untuk melakukan penyiapan penggunaan kendaraan listrik,” tegasnya, Senin (19/9/2022).

Menurut Khofifah, hal ini penting dilaksanakan untuk mencapai cita-cita besar Indonesia tentang emisi karbon. Yakni visi net zero emissions pada 2060.

"Cita-cita nol emisi karbon ini harus disusun langkah strategisnya mulai sekarang. Nanti seterusnya, generasi selanjutnya yang akan meneruskan dan menikmati hasilnya. Mudah-mudahan ini bisa menjadi amal jariyah kita mewariskan lingkungan yang lebih sehat dan bersih kepada dunia," imbuhnya.

Lebih jauh, Khofifah menjelaskan bahwa regulasi atau kebijakan untuk mendukung Inpres ini akan segera disusun. Untuk itu, pihaknya akan melakukan kajian dan koordinasi utamanya terkait standar biaya untuk dimasukkan dalam penganggaran.

"Pokoknya kami siap menindaklanjuti Inpres ini. Insya Allah, dimulai dari Pemprov Jatim dan pemerintah di kabupaten/kota dulu, secara bersamaan masyarakat akan mengikuti dengan sendirinya," terang Gubernur perempuan pertama Jatim itu.

Selain itu, Khofifah berharap dapat bersinergi dengan perguruan tinggi - perguruan tinggi di Jatim dalam mengembangkan kendaraan listrik ini.

Baca juga: Desain dan Teknologi Bawa Optimisme MG di GIIAS Surabaya 2022, Ada Mobil Listrik, hingga Mobil Seni

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved