Berita Jatim

Lita Machfud Arifin Buka Peluang Nasdem Pecah Telur ke DPR RI dari Dapil Neraka

Nama Lita Machfud Arifin tercatat sebagai satu-satunya caleg yang memiliki calon pemilih dengan kemantaban pilihan paling tebal

Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Lita Machfud Arifin buka peluang Nasdem pecah telur ke DPR RI dari dapil neraka 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Lita Machfud Arifin kembali memberi kejutan.

Dari seluruh caleg DPR RI Dapil Jawa Timur I (Surabaya-Sidoarjo), nama Lita Machfud Arifin tercatat sebagai satu-satunya caleg yang memiliki calon pemilih dengan kemantaban pilihan paling tebal.

Demikian hasil survei yang dilakukan Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) pada Senin (19/9). Selain memiliki calon pemilih paling mantab, Lita juga tercatat sebagai satu-satunya caleg yang memiliki trend kenaikan elektablitas paling konsisten dari periode ke periode survei.

Dalam tiga kali periode survei yang dilakukan ARCI, elektabilitas istri Irjen Pol (purn) Machfud Arifin itu terus menanjak. Dari 1,2 persen di bulan April tahun 2022, elektabilitas Lita kemudian naik menjadi 2,72 persen di bulan Juli 2022. Senin (19/9/2022) Kemarin, elektabilitas Lita naik lagi menjadi 3,5 persen.

Sebaliknya, elektabilitas sejumlah caleg incumbent yang selama ini berada di papan atas cenderung turun. Misalnya Bambang DH yang pada survei Juli 2022 lalu meraih elektablitas 8,16 persen, kemarin turun menjadi 7,8 persen.

Syaikhul Islam yang sebelumnya berada di peringkat dua dengan elektabilitas 6,12 persen, pada survei kemarin turun menjadi 5,8 persen. Puti Guntur Soekarno yang pada periode Juli lalu meraih 4,08 persen, kemarin turun menjadi 3,9 persen.

"Ini pertanda bahwa peluang Nasdem pecah telur untuk DPR RI dari Dapil Jatim I pada pemilu tahun 2024 nanti semakin terbuka lebar, " kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt.

Dari paparan yang disampaikan ARCI, elektabilitas Lita saat ini menempel ketat Puti Guntur Soekarno dan Adies Kadir. Secara berurutan, elektabilutas Lita Machfud Arifin menempel ketat Puti Soekarno (3,9) dan Adies Kadir ( 3,8).

Menurut Baihaki, kenaikan elektabilitas Lita hampir merata di seluruh Dapil di Surabaya. “Kecuali Dapil tiga ( Rungkut, Wonocolo, Mulyorejo, Bulak, Tenggilis Mejoyo, Gunung Anyar, Sukolilo). Tim harus bekerja lebih keras lagi,” terang Baihaki.

Di Sidoarjo, kenaikan elektabilitas Pengurus Pusat Dewan Kerajinan Nasional ini juga mulai menyebar ke sejumlah wilayah. Bukan hanya di Kecamatan Waru. Di Buduran, Taman, di wilayah kecamatan kota Sidoarjo, elektabilitas Lita juga mulai naik.

Baca juga: Ketua Fraksi NasDem DPRD Jatim Apresiasi Sikap Kesatria Anang yang Lepas Jabatan Ketua DPRD Lumajang

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved