Berita Surabaya

Siap Dibuka Akhir Tahun 2022, Kebun Raya Mangrove Surabaya Dilengkapi Wisata Susur Sungai Hingga ATV

Kebun Raya Mangrove (KRM) Surabaya di kawasan Gunung Anyar dan Medokan Sawah siap dibuka dengan konsep baru pada akhir Desember mendatang.

Pemkot Surabaya
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau proyek Kebun Raya Mangrove di kawasan Gunung Anyar 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYAKebun Raya Mangrove (KRM) Surabaya di kawasan Gunung Anyar dan Medokan Sawah siap dibuka dengan konsep baru pada akhir Desember mendatang.

Selain berkonsep edukasi, tempat ini juga menyediakan berbagai wahana yang ramah keluarga.

“Kota Surabaya adalah kota yang besar yang sangat amazing. Mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah akan kita ekspose menjadi ikon baru Kota Surabaya,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau lokasi, Rabu (28/9/2022).

Di Mangrove Medokan Sawah, terdapat berbagai wahana. Mulai dari wahana perahu atau susur sungai, sepeda air, ATV, spot foto, dan spot kuliner.

Harapannya, ini akan menjadi alternatif wisata alam di kawasan Surabaya Timur seperti halnya di kawasan Adventure Land Romokalisari yang baru saja dibuka pekan lalu di Surabaya Barat.

“Kalau disana (Romokalisari) adventure (petualangan), kalau disini (menonjolkan) edukasi dan tempat penelitian. Selain wisata, ini juga bisa sekaligus mengajarkan anak-anak kita untuk mencintai alam,”

Baca juga: Demi Jadi Kebun Raya Mangrove Pertama di Indonesia, KRM Gunung Anyar Surabaya Ditata Ulang

Sedangkan kawasan mangrove di Gunung Anyar akan menonjolkan konsep edukasi. Kawasan ini dilengkapi wahana perahu atau susur sungai yang akan mengantar pengunjung menikmati eksotis Mangrove Gunung Anyar.

“Sepanjang susur sungai itu, kita akan melihat 57 spesies tumbuhan Mangrove dan 28 jenis burung. Selain menggunakan perahu, juga akan ada jet ski,” katanya.

Mangrove Gunung Anyar juga akan dilengkapi auditorium dan ruangan pameran. Berbagai spesies tumbuhan Mangrove maupun hewan yang ada di Mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah akan dipamerkan.

“Konsepnya disini adalah “Kebun Raya Mangrove,” ujarnya.

Mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah akan dihubungkan melalui sebuah jembatan. Sehingga, pengunjung bisa mencoba kedua kawasan ini dalam satu rangkaian wisata.

“Ini yang akan kita satukan dan ini menunjukkan bahwa Surabaya kota kedua terbesar di Indonesia, tetapi ada keindahan alam yang tersimpan di “Kebun Raya Mangrove”.

Baik itu untuk edukasi, penelitian, serta menjadi wisata alam di Surabaya,” kata mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved