Legislator Golkar Dyah Roro Sebut Toleransi di Desa Pancasila Bisa Bangun Harmoni Keberagaman

Dyah Roro Esti begitu kagum dengan masyarakat di Desa Pancasila yang bisa saling hidup berdampingan untuk maju bersama.

Penulis: And | Editor: APS
Tangkapan layar kanal YouTube G24 Channel
Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Dyah Roro Esti. 

TRIBUNJATIM.COM – Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Dyah Roro Esti melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim).  

Dalam kunkernya kali ini, perempuan yang akrab disapa Esti tersebut menyempatkan diri untuk berkeliling ke rumah-rumah warga setempat.

Ia ingin melihat bagaimana toleransi dan kerukunan antarumat beragama terjadi di desa dengan julukan “Desa Pancasila” itu.

“Saat ini saya berada di Desa Balun. Desa ini adalah sebuah desa yang sangat luar biasa karena penduduknya itu lintas agama. Jadi ada yang muslim, ada yang nasrani sebanyak 13 persen, dan juga ada yang hindu sebanyak tujuh persen,” jelas Esti dalam video yang diunggah melalui kanal YouTube G24 Channel, Rabu (12/10/2022).

Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar itu mengatakan, penerapan toleransi antarumat beragama di Desa Balun sangat luar biasa. Mereka bahkan membantu satu sama lain tanpa memandang identitas agama.

“Setelah berkeliling, di desa ini terdapat tiga tempat ibadah dari tiga agama yang berbeda dan saling berdampingan, yaitu masjid, gereja, dan pura. Saya juga begitu kagum dan sangat luar biasa karena penduduknya itu lintas agama,” ungkap Esti dalam

Menurut Esti, keberagaman itu yang membuat masyarakat bisa saling untuk menghormati, bahkan ketika ada perayaan hari raya keagamaan tertentu.

“Bagi saya ini wujud toleransi yang sangat luar biasa karena bisa mempererat kebersamaan dan bersatu dalam perbedaan. Saya harap perbedaan ini bisa membawa seluruh masyarakat untuk menjalankan nilai-nilai Pancasila untuk membangun harmoni keberagaman. Maju bersama untuk menuju sejahtera,” ujar Esti.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved