Pemprov Jawa Tengah Sabet Titel Terbaik Pertama pada Ajang ALI 2022, Ganjar-Yasin Cetak Hattrick

Pemprov Jawa Tengah berhasil menyabet titel terbaik pertama dalam ajang anugerah layanan investasi (ALI) 2022, duet Ganjar-Yasin cetak hattrick.

Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyabet titel terbaik pertama pada ajang anugerah layanan investasi (ALI) 2022. 

TRIBUNJATIM.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyabet titel terbaik pertama pada ajang anugerah layanan investasi (ALI) 2022.

Dengan pencapaian ini, provinsi yang dipimpin duet Ganjar-Yasin mencetak hattrick karena memperoleh gelar tiga kali berturut-turut.

Penghargaan ALI 2022 diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin, dan diterima oleh Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, di Grand Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

Dalam sambutannya, Wapres RI mengajak pemda maupun kementerian fokus menggenjot investasi sebagai upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Selain itu, Maruf Amin juga mengajak agar pemerintah daerah mengembangkan sumber daya di dinas yang membidangi investasi. Ia menyebut dinas seperti DPMPTSP merupakan garda terdepan dalam mengawal investasi serta mewujudkan penanaman modal yang transparan, bersih dan cepat.

Sementara itu, Kepala BKPM/Kementerian Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan, proses penilaian terhadap kinerja layanan inovasi dilakukan dengan melibatkan KPK, serta kementerian terkait. Proses penjurian pun dilakukan dalam kurun 4 bulan.

Ia mengatakan, pencapaian investasi yang saat ini diraih adalah upaya bersama. Bahlil mengatakan, tahun ini ditarget investasi senilai Rp 1.200 triliun.

"Kita sudah mampu merealisasikan Rp 584,6 triliun setara dari 48,7 persen. Target investasi Rp 1.200 triliun bukan saja kerja BKPM, tapi kerja para menteri sektoral, bupati, gubernur, wakil gubernur, bupati, wali kota dan kepala DPMPTSP," ujarnya.

Kepala DPMPTSP Jateng, Ratna Kawuri mengatakan, anugerah ini merupakan kali ketiga Jateng meraih penghargaan. Ini mengindikasikan, keseriusan Pemprov Jateng dalam mengawal investasi.

Selain Jateng, Pemkab Sragen juga memperoleh posisi kedua pada ajang ALI untuk kategori pemkab.

"Ini yang ketiga kali hattrick, 2018 kemudian vakum, dilanjutkan di 2021 dan 2022," paparnya.

Ratna menyampaikan, penghargaan ini sebagai apresiasi atas layanan investasi di Jateng.

Ia menyebut, prestasi ini harus diikuti dengan kerja keras guna mewujudkan layanan investasi yang cepat, mudah dan murah bagi para investor.

Dikatakan Ratna, DPMPTSP Jateng selalu berupaya mengawal investasi secara transparan. Ini dibuktikan dengan layanan yang berbasis teknologi digital dan pendampingan kepada para investor.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved