Pilpres 2024

Ganjar Pranowo Maju Capres Trik PDIP Hattrick Pemilu? Ini Kata Pengamat, Lihat Survei Elektabilitas

Penyataan Ganjar pranowo maju Capres 2024 dinilai pengamat sebagai strategi PDIP hattrick di Pemilu 2024. Bagaimana hasil elektabilitasnya?

Istimewa/TribunJatim.com
Puluhan kepala desa (kades) dari Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), mendatangi kediaman Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Kota Semarang, Kamis (1/9/2022) malam. 

TRIBUNJATIM.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disorot setelah pernyataannya siap maju sebagai calon presiden atau Capres 2024.

Dari pernyataan Ganjar Pranowo tersebut, pengamat politik memiliki pandangan.

Menurut pengamat politik Aditya Perdana, Ganjar Pranowo maju Capres 2024 sebagai strategi politik PDIP.

Adapun strategi PDIP itu supaya bisa hattrick Pemilu di 2024.

Dikutip dari Kompas.com, diketahui PDIP sebelumnya menginginkan kemenangan pemilu lanjutan setelah Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Presiden selama dua periode.

Menurut Aditya, jika PDIP ingin menang kembali, maka harus mengusung calon yang memiliki potensi kemenangan tinggi.

Baca juga: Ganjar Pranowo Siap Nyapres, Pengamat Sebut Megawati Punya Opsi Jalan Tengah

Selama ini, di internal partai berlogo banteng itu, nama Ganjar Pranowo selalu dihadapkan dengan Puan Maharani, Ketua DPR RI sekaligus putri Megawati Soekarnoputri yang notabene Ketua Umum PDIP.

"Keinginan PDIP melakukan hattrick (tiga kali) kemenangan dalam pemilu legislatif akan mudah dilakukan apabila, tentu, capres yang didukung juga memiliki potensi kemenangan yang tinggi (efek ekor jas)," ujar Aditya lewat keterangan tertulis yang diterima Kompas.com (grup TribunJatim.com), Kamis (20/10/2022).

Sebaliknya, apabila PDIP memaksakan diri mendukung calon presiden dengan elektabilitas dan popularitas yang rendah, hattrick kemenangan itu dinilai bakal sulit tercapai.

"Ini yang menurut pandangan saya sedang berdinamika di internal PDIP dengan perhitungan-perhitungan yang cermat. Dan pernyataan kesiapan Ganjar ini mungkin dapat diinterpretasikan sebagai kode awal dari PDIP," tambah dosen Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia itu.

Aditya sekaligus Direktur Eksekutif Algoritma ini menilai pernyataan Ganjar Pranowo siap untuk maju sebagai capres tak terlepas dari taktik partainya, PDIP.

Aditya menilai, pernyataan Ganjar Pranowo tersebut menarik untuk disimak karena keputusan PDIP soal pilihan capres pada Pemilu 2024 belum disampaikan secara langsung. 

Baca juga: Meski Target Seribu Embung Tercapai, Ganjar Pranowo Akan Terus Bangun Embung: Manfaatnya Besar

"Pernyataan Ganjar ini adalah sinyal, bukan hanya dari pribadi Ganjar, melainkan kode yang sedang dipersiapkan oleh PDIP untuk segera membentuk koalisi pencapresan," ungkap Aditya.

Pernyataan Ganjar Pranowo, menurut Aditya, tak bisa dilepaskan dari realitas politik yang dihadapi Ganjar.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved