Berita Jatim

Banyak Peminat, KAI Operasikan KA Blambangan Ekspres Relasi Semarang Tawang-Surabaya-Ketapang PP

PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru-baru ini resmi menghadirkan Kereta Api baru yaitu KA Blambangan Ekspres Relasi Semarang Tawang - Surabaya

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Rangkaian KA Blambangan Ekspres Relasi Semarang Tawang - Surabaya - Ketapang pp. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru-baru ini resmi menghadirkan Kereta Api baru yaitu KA Blambangan Ekspres Relasi Semarang Tawang - Surabaya Pasar Turi - Surabaya Gubeng - Ketapang pp.

Kereta api ini sudah beroperasi sejak mulai tanggal 2 Desember 2022, baik untuk keberangkatan dari Stasiun Semarang Tawang maupun Stasiun Ketapang.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan, KAI menghadirkan KA Blambangan Ekspres untuk mempermudah masyarakat daerah Surabaya, Sidoarjo menuju Jember hingga Ketapang ataupun sebaliknya ke arah Bojonegoro, Semarang.

“KA Blambangan Ekspres merupakan KA pertama yang KAI operasikan dari Stasiun Ketapang Banyuwangi menuju kearah Bojonegoro, Semarang pp. Hadirnya KA ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin bepergian ke wilayah tersebut dengan transportasi yang aman, sehat, nyaman dan tepat waktu. Terlebih wilayah ini memang banyak peminat,” ujar Luqman pada Tribun Jatim Network. Senin (5/12/22).

Luqman Arif menambahkan, bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan tujuan Semarang dari kota Surabaya dapat menggunakan KA Blambangan Ekspres dengan jadwal keberangkatan pukul 01.26 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng dan keberangkatan pukul 01.52 WIB dari Stasiun Pasarturi.

Sedangkan untuk jadwal keberangkatan tujuan Ketapang dari wilayah Surabaya, masyarakat dapat menggunakan KA Blambangan Ekspres dengan jadwal keberangkatan pukul 22.20 WIB dari Stasiun Surabaya Pasarturi dan keberangkatan pukul 22.44 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng.

Dalam perjalanannya, lanjutnya, KA Blambangan Ekspres keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng tujuan Semarang Tawang juga akan berhenti di Stasiun Surabaya Pasarturi, Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Ngrombo guna memfasilitasi para penumpang yang akan menggunakan KA dari Stasiun tersebut.

Sedangkan KA Blambangan Ekspres keberangkatan Stasiun Surabaya Pasarturi tujuan Ketapang akan berhenti di Stasiun Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi Kota guna pelayanan naik atau turunnya penumpang.

Ia juga menjelaskan, KA Blambangan Ekspres terdiri dari 4 Kereta Eksekutif dan 3 Kereta Ekonomi dengan total tempat duduk yang disediakan sebanyak 440 tempat duduk dalam sekali perjalanan. Pada tahap awal, KA Blambangan Ekspres di wilayah Daop 8 Surabaya akan beroperasi pada tanggal 2, 3, 4, 5, 9, 10, 11, 12, 16, 17, 18, 19, dan 22 Desember s/d 1 Januari 2022.

Adapun untuk semakin meriah menyambut hadirnya KA Blambangan Ekspres kepada masyarakat, KAI memberikan tarif promo untuk periode keberangkatan 2 s.d 19 Desember 2022.

"Untuk relasi Surabaya - Semarang Tawang tarif promo dimulai dari Rp 120.000,- untuk kelas Ekonomi dan Rp 200.000,- kelas Eksekutif. Sementara itu, untuk relasi Surabaya - Ketapang mulai dari Rp 120.000,- untuk kelas Ekonomi dan Rp 200.000,- kelas Eksekutif. Segera dapatkan tiket promo tersebut melalui KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya karena kuota tiket promo yang disediakan terbatas," sambung dia.

Ditanyai perihal nama KA Blambangan Ekspres, kata Luqman, berasal dari salah satu nama kerajaan yakni Kerajaan Blambangan.

Kerajaan Blambangan adalah kerajaan Hindu yang berlokasi di Banyuwangi tepatnya di Semenanjung Blambangan di ujung timur Pulau Jawa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved