Berita Terpopuler

BERITA TERPOPULER JATIM: Dampak Erupsi Gunung Semeru - Daftar Nama Korban Kecelakaan Bus di Sarangan

3 Berita terpopuler Jatim hari ini, Senin (5/12/2022) di TribunJatim. Dampak erupsi Gunung Semeru hingga daftar nama korban kecelakaa bus di Sarangan.

TribunJatim.com/ Erwin Wicaksono
3 Berita terpopuler Jatim hari ini, Senin (5/12/2022) di TribunJatim.com. 

TRIBUNJATIM.COM - Sepanjang hari Senin (05/2/2022). ada banyak peristiwa tejadi di Jawa Timur.

Segmen Berita Terpopuler kali ini akan merangkum beragam berita terpopuler Jatim hari ini yang terjadi di Jawa Timur berdasarkan liputan dari tim TribunJatim.com dan yang tengah viral.

Di minggu awal bulan Desember, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, erupsi pada Minggu (4/12/2022), dengan kenaikan status dari semula Siaga (Level III) menjadi Awas (Level IV).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim mencatat, hingga Minggu malam, ada 2.219 warga yang mengungsi pasca-erupsi.

Mereka tersebar di 12 titik pengungsian, seperti di balai desa, rumah ibadah, gedung sekolah, lapangan, dan kantor kecamatan.

Luncuran awan panas guguran (APG) Gunung Semeru juga mengakibatkan Dusun Kajar Kuning di Desa Sumberwuluh, tertimbun material APG.

Meski demikian, para warga sudah dievakuasi dan kini menempati pos pengungsian yang disediakan pemerintah dan relawan.

Selain itu, pada Minggu, Jembatan Gladak Perak di Lumajang, Jawa Timur, juga ikut diterjang luncuran awan panas guguran Semeru.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan, update hingga Senin (5/12/2022) ini, erupsi kecil Gunung Semeru masih terjadi.

Selain itu, kegempaan Gunung Semeru juga tercatat masih tinggi, dengan status gunung dipastikan masih berada di level IV atau Awas.

PVMBG mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 17 km dari puncak.

Masyarakat juga harus mewaspadai potensi APG, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Semeru.

Selanjutnya, ada kabar bus PO Semeru Putra Transindo yang mengangkut rombongan wisata asal Manyaran, Kota Semarang, mengalami kecelakaan di Jalan Raya Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim), Minggu (4/12/2022) siang.

Kecelakaan itu pun menyebabkan tujuh orang meninggal dunia, di mana enam orang di antaranya warga RT 005 RW 002 Manyaran, Kota Semarang.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved