Berita Blitar

Dibangun Sekitar 1977, Gua Maria Sendangrejo Bisa Jadi Alternatif Isi Liburan Natal di Kota Blitar

Tempat wisata rohani Gua Maria Sendangrejo di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kepanjenkidul, menjadi destinasi wisata

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Ndaru Wijayanto
tribunjatim.com/Samsul Hadi
Seorang pengunjung berdoa di depan Gua Maria Sendangrejo, Kota Blitar, Sabtu (24/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Tempat wisata rohani Gua Maria Sendangrejo di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kepanjenkidul, menjadi destinasi pilihan bagi umat Katolik yang sedang menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru di Kota Blitar.

Pengunjung bisa berdoa sekaligus refreshing menikmati suasana asri di tempat wisata rohani Gua Maria Sendangrejo.

Tempat wisata Gua Maria Sendangrejo berada di pinggiran Kota Blitar atau berjarak sekitar 5 kilometer ke arah utara dari kawasan wisata Makam Bung Karno.

Lokasi tempat wisata rohani Gua Maria berada di dekat permukiman penduduk Kelurahan Ngadirejo. Tapi sayang, akses jalan menuju lokasi masih sempit.

Akses jalan menuju ke lokasi hanya cukup untuk lewat mobil dan sepeda motor. Untuk rombongan yang naik bus, harus parkir di Jl DI Panjaitan, lalu jalan kaki menuju ke lokasi Gua Maria Sendangrejo.

Baca juga: 56 Conton Balasan Ucapan Selamat Natal 2022 ke Ayang Bahasa Indonesia dan Inggris, Bikin Deg-degan

Begitu sampai di lokasi, pengunjung langsung disambut halaman tempat wisata Gua Maria Sendangrejo yang luas. Di sekeliling lokasi, menghampar persawahan penduduk.

Setelah melewati halaman yang luas, pengunjung menuruni tangga menuju ke lokasi Gua Maria Sendangrejo.

Saat turun tangga, mata pengunjung disambut pemandangan pohon rindang dan sungai yang membelah lokasi Gua Maria Sendangrejo.

Di sebelah kiri tangga turun, pengunjung langsung bisa melihat Gua Maria. Biasanya, umat Katolik berdoa dulu di depan Gua Maria sebelum keliling di lokasi.

Di sebelah kanan tangga turun, terdapat sumber air suci. Pengunjung biasanya juga mengambil air suci untuk diminum.

Dari lokasi Gua Maria, pengunjung harus menyeberangi jembatan kecil di atas sungai yang menuju ke lokasi Jalan Salib yang berada di halaman belakang.

"Kalau menjelang Natal biasanya pengunjung malah sepi, tetap ada (pengunjung), tapi tidak banyak," kata Pengelola Tempat Wisata Rohani Gua Maria Sendangrejo, Yohanes Yulianto Purnomo (78), Sabtu (24/12/2022).

Yohanes mengatakan, menjelang Natal, umat Katolik justru sibuk menyiapkan ibadah di Gereja dan perayaan Natal di masing-masing rumahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved